"Loading..."

Perhutani dan Pemkab Pasuruan Lakukan Penanaman Pohon di Daerah Tangkapan Air

PASURUAN, PERHUTANI (22/2/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pasuruan dan Pemerintah Kabupaten Pasuruan serta Yayasan Cempaka Prigen melakukan kegiatan reboisasi dengan penanaman pohon di lokasi catchment area resapan air lereng Gunung Ringgit kawasan hutan Perhutani petak 36a Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Dayurejo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawang Barat, Sabtu (20/2).

Hadir pada acara kegiatan penanaman tersebut antara lain Administratur Perhutani KPH Pasuruan Candra Musi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan Heru Farianto, Camat Prigen Tri Chrisni Astuti, Forum DAS Kabupaten Pasuruan Sulis Setyowati, LMDH Indrokilo Desa Dayurejo dan Penggiat Lingkungan Prigen.

Administratur KPH Pasuruan Candra Musi menyampaikan, “Saya mendukung kegiatan penanaman pohon dengan melibatkan beberapa perusahaan pengguna air  yang ada di Kabupaten Pasuruan. Karena konservasi sangat penting agar ada kepedulian terhadap lingkungan dari semua pihak,” katanya.

Candra Musi berharap dalam kegiatan penanaman ini akan terbentuk hutan asuh untuk mendapatkan manfaat yang baik. “Dengan adanya pengkayaan tumbuhan pada daerah resapan air secara tidak langsung merupakan langkah penting untuk kehidupan yang sangat berguna bagi masyarakat setempat,” tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan Heru Farianto mendukung program konservasi hutan melalui penanaman dan pemeliharaan pohon di daerah tangkapan air yang dilaksanakan bersama instansi terkait, dan Yayasan Cempaka Prigen  serta beberapa perusahaan pengguna air di Pasuruan tersebut.

Menurutnya melestarikan hutan merupakan tanggung jawab bersama, “Untuk itu perusahaan pengguna air diharapkan sebagian dari  Corporate Social Responsibility (CSR)-nya bisa dialokasikan untuk konservasi penanaman pohon pada daerah-daerah kritis dan resapan air, guna melindungi, menjaga ketersediaan oksigen dan pelestarian lingkungan,” terangnya.

Sementara itu Direktur Yayasan Cempaka Prigen  Sarifudin Latif  pada laporannya juga menjelaskan bahwa kegiatan ini dapat terlaksana tidak lepas dari dukungan Perhutani, DLH, Instansi terkait lainnya serta dukungan  perusahaan pengguna air yang ada di Pasuruan. Ia menyampaikan bibit pohon yang ditanam total sebanyak 5.100 bibit merupakan kontribusi dari PT Mitra Alam Segar, PT Varia Niaga Nusantara, PT Agel Langgeng,  PT Panvera Cakrakencana dan Yayasan Cempaka Prigen dengan jenis tanaman berupa tanaman kayu putih dan buah-buahan.

“Dengan adanya tanaman buah-buahan harapannya petani hutan dapat menikmati hasilnya dan bisa meningkatkan perekonomiannya,” tutupnya. (Kom-PHT/Psu/Dd)

Editor : Ywn

Copyright©2021