"Loading..."

Perhutani dan Pemkot Batu Malang Tanam 1.000 Bibit Pohon di Gunung Panderman

MALANG, PERHUTANI (14/9/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Malang bersama Pemerintah Kota Batu melakukan penanaman bibit pohon sebanyak 1.000 plances di lereng Gunung Panderman petak 86b Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pujon Selatan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Pujon yang secara administratif masuk Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Jumat (11/9).

Penanaman tersebut dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah yakni Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) guna memulihkan kawasan tersebut agar menjadi hijau kembali. Jenis bibit yang ditanam dalam kegiatan tersebut yakni sukun, nangka, durian, pule, matoa, beringin serta jenis pohon yang hijau sepanjang tahun.

Administratur KPH Malang, Hengki Herwanto menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk sinergitas Perhutani dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batu sebagai upaya untuk melestarikan kawasan hutan yang ada di lereng Gunung Panderman.

Sementara itu Walikota Batu Dewanti Rumpoko disela-sela penanaman menyampaikan bahwa untuk mengembalikan fungsi hutan di lereng Gunung Panderman tepatnya di Blok Kasinan diperlukan program penghijauan.

“Perhutani yang diberi wewenang oleh undang-undang untuk mengelola hutan harus, ini harus didukung oleh jajaran Forkopimda Kota Batu dan segenap lapisan masyarakat, mengingat wilayah Kota Batu dikelilingi dataran tinggi yang rawan longsor,” ujarnya.

Dewanti menambahkan, bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan teladan peduli penghijauan untuk menghindari terjadinya bencana alam yang sering terjadi di Kota Batu.

Kegiatan penanaman tersebut juga diikuti oleh semua Forkopimda Kota Batu, Kecamatan, Desa dan tokoh masyarakat, sejumlah organisasi dan kelompok masyarakat serta Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat. (Kom-PHT/Mlg/Spy)

Editor : Ywn

Copyright©2020