"Loading..."

Perhutani dan Polres Klaten Menandatangani Keputusan Bersama Penanganan Pengamanan Hutan

SURAKARTA, PERHUTANI (18/03/2021) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta bersama Kepolisian Resort (Polres) Klaten melakukan penandatanganan Keputusan Bersama terkait Penanganan Pengamanan Hutan dan Penegakan Hukum di wilayah kerja Perhutani KPH Surakarta lingkup Kabupaten Klaten di ruang Pertemuan Polres Klaten, Kamis (18/03).

Acara dihadiri oleh Administratur KPH Surakarta Sugi Purwanta, Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu, Wakil Kapolres Kompol Adi Nugroho, Wakil Administratur Susilo Winardi, dan jajaran masing-masing.

Acara penandatanganan keputusan bersama ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU sebelumnya antara Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah bersama Perum Perhutani. Hal ini juga sebagai pedoman bagi Polres Klaten dan Perhutani dalam rangka pengamanan dan perlindungan hutan serta penegakan hukum khususnya di wilayah KPH Surakarta.

Dalam sambutannya, Administratur KPH Surakarta, Sugi Purwanta mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Klaten bersama jajaran yang telah memberikan kesempatan kepada Perhutani untuk saling berkolaborasi dan berkomitmen dalam menjaga aset negara yaitu hutan.

“KPH Surakarta di amanahi tugas untuk mengelola hutan negara di 5 Kabupaten, salah satunya di wilayah Kabupaten Klaten yaitu Kecamatan Wedi, Bayat dan Kalikotes seluas 642,9 hektar dengan jumlah personil yang terbatas. Kami berharap sinergi ini berlanjut pada kegiatan lainnya serta menjaga hutan supaya bisa lestari dan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya,” ujar Sugi.

Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu menyampaikan bahwa pihaknya beserta jajaran akan turut serta mendukung dalam bidang teknis atau penanganan yang terkait dengan lingkungan hidup dan kehutanan.

“Kita jadikan kerjasama ini untuk menyatukan tekad dan komitmen dalam rangka pengamanan dan perlindungan hutan serta penegakan hukum di wilayah KPH Surakarta. Kerjasama ini tidak hanya menyangkut pengamanan kayu atau semua aset yang ada di dalam hutan tetapi juga kaitannya dengan bencana alam. Semoga kerjasama ini dapat terjalin secara terus-menerus untuk menjaga kelestarian alam dan menghindari bencana dan lain-lain,” pungkasnya. (Kom-PHT/Ska/Ipk)

Editor : Ywn
Copyright©2021