"Loading..."

Perhutani dan Polres Sragen Tandatangani Keputusan Bersama Pengamanan Hutan

SURAKARTA, PERHUTANI (04/03/2021) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta bersama Kepolisian Resor (Polres) Sragen melakukan penandatanganan Keputusan Bersama terkait Pengamanan Hutan dan Penegakan Hukum di wilayah kerja Perhutani KPH Surakarta lingkup Kabupaten Sragen di Aula Satya Haprabu Polres Sragen, Kabupaten Sragen, Rabu (03/03).

Acara dihadiri oleh Administratur KPH Surakarta Sugi Purwanta, Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi, Administratur Perhutani Telawa Arif Fitri Saputra, Perwira Pembina (Pabin) Surakarta Basirun, bersama jajaran masing-masing.

Penandatanganan keputusan bersama ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) sebelumnya antara Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah bersama Perum Perhutani. Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) merupakan salah satu permasalahan yang dapat menyebabkan kerugian untuk semua pihak. Oleh karena itu penindakan pencurian dan karhutla merupakan masalah serius yang harus ditangani dan semua pihak harus saling bersinergi dalam penanganannya.

Administratur KPH Surakarta, Sugi Purwanta dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Sragen yang telah memberikan kesempatan kepada Perhutani untuk berkolaborasi dan berkomitmen dalam menjaga hutan.

“KPH Surakarta mengelola hutan di wilayah kabupaten Sragen seluas 4.525 hektar dan kawasan tersebut sangat terbuka. Pengelolaan hutan di Perhutani selalu melibatkan masyarakat sekitar hutan yang diwadahi dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Oleh karena itu dengan keputusan bersama, kami berharap sinergi ini dapat meningkatkan keamanan hutan, sehingga kelestariannya terjaga dan kemanfaatannya bisa dirasakan oleh masyarakat sekitarnya,” ujar Sugi.

Kapolres Sragen, AKBP Yuswanto Ardi menyampaikan, “Tindak lanjut kita kedepan adalah bersama-sama melakukan pengamanan dan pengawalan dari sektor agrikultural atau kehutanan dan pertanian untuk mengatasi pandemi dan cuaca yang ekstrim yang sedang berlangsung. Penandatanganan kerja sama ini merupakan salah satu momentum yang sangat baik bagi kita bersama dalam rangka pengamanan hutan dan pengawalan ketahanan pangan seperti yang sudah dilaksanakan oleh Polda dan TNI bersama Perhutani untuk mewujudkan Sragen menjadi daerah yang  dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.” (Kom-PHT/Ska/Ipk)

Editor : Ywn
Copyright©2021