"Loading..."

Perhutani dan Polresta Tasikmalaya Gelar Penanaman Bersama di Objek Wisata Situ Gede

TASIKMALAYA, PERHUTANI (07/01/2020)  |  Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya bersama Polres Kota Tasikmalaya melaksanakan penanaman bersama di lingkungan objek wisata Situ Gede Kota Tasikmalaya, mengambil tema “Polri Peduli Penghijauan”, Senin (06/01). Dalam kegiatan ini Perhutani memberikan bantuan bibit tanaman sebanyak 600 plances jenis MPTS (Multi Purpose Tree Species).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Administratur KPH Tasikmalaya Yuyu Rahayu, Walikota Tasikmalaya Budi Budiman, Waka Polresta Tasikmalaya Andrey, perwakilan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah VI Elis, Forkopimcam Kecamatan Mangkubumi, masyarakat Kelurahan Linggajaya, serta pegiat lingkungan yang ada di kota Tasikmalaya.

Administratur KPH Tasikmalaya Benny Suko Triatmoko melalui Wakilnya Yuyu Rahayu mengatakan bahwa penanaman ini merupakan program dari Kapolri untuk menghijaukan kembali lahan-lahan kosong dan pelaksanaannya serentak di seluruh Polres yang ada di Indonesia. Sebagai bentuk tanggungjawab sosial, ekonomi dan ekologi, Perhutani mendukung kegiatan penanaman di lokasi tanah milik untuk merehabilitasi lingkungan dan lahan di luar kawasan hutan.

“Sebagai wujud kepedulian lingkungan, Perhutani mendukung apa yang dicanangkan oleh Polres Kota Tasikmalaya untuk mengubah lahan kosong menjadi hijau kembali. Selain itu kegiatan penanaman ini diharapkan dapat mengurangi dampak pemanasan global, mencegah terjadinya bencana longsor, serta dapat menjadi resapan air.” terangnya.

Dalam sambutannya, Walikota Tasikmalaya, Budi Budiman menjelaskan bahwa polusi udara saat ini sudah sangat memprihatinkan sehingga perlu memperbanyak ruang terbuka hijau. Menanam pohon merupakan salah satu cara untuk menguranginya. Selanjutnya Budiman mengucapkan terima kasih kepada Perhutani Tasikmalaya yang sudah berkontribusi dengan memberikan bibit tanaman untuk kegiatan penghijauan.

“Penanaman pohon merupakan upaya untuk mengurangi polusi udara. Mari kita jaga lingkungan bersama-sama untuk kesejahteraan masyarakat. Semoga penanaman ini menjadi ladang ibadah kita dan semoga kerjasama dengan Perhutani bisa berlanjut,” pungkasnya.

Sementara itu Waka Polresta Tasikmalaya, Andrey mengatakan penanaman ini merupakan kerjasama antara unsur Forkopinda Tasikmalaya sebagai tindak lanjut pesan Kapolri untuk melaksanakan penanaman guna menghijaukan kembali lahan-lahan yang gundul. (Kom-PHT/Tsk/AH)

 

Editor : Ywn
Copyright©2020