"Loading..."

Perhutani dan Polsek Kare Madiun Gelar Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan

MADIUN, PERHUTANI (8/10/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madiun bersama jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Kare Kabupaten Madiun menggelar apel siaga pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Dalkarhutla) di petak 298a wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Wungu, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Dungus, Kamis (8/10).

Kegiatan tersebut melibatkan tokoh masyarakat setempat dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Ngudi Waluyo Desa Wungu Kecamatan Wungu Kabupaten Ponorogo. Asisten Perhutani (Asper) BKPH Dungus Atok Hariyanto mewakili Administratur KPH Madiun menyampaikan, bahwa apel siaga Dalkarhutka tersebut fokus pada pengenalan terjadinya api dan pengenalan cara pemadaman dengan penggunaan alat pemadam api tradisional.

Menurutnya Perhutani sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Dalkarhutla yang bertugas melakukan pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan. “Dalam hal penanganan kebakaran hutan kami mengedepankan pencegahan sejak dini dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang penyebab kebakaran, juga melatih masyarakat agar tanggap bencana alam terutama kebakaran hutan dan lahan,” terangnya.

Kapolsek Kare Suprapto selaku pembina apel menghimbau kepada petugas pengamanan hutan dan Satgas Dalkarhutla termasuk LMDH jika terjadi gangguan keamanan hutan agar secepat mungkin melaporkan ke pimpinan terdekat.

“Agar tetap selalu berhati-hati dalam menjalankan tugas. Utamakan keselamatan kerja dan tetap semangat dalam melaksanakan tugas di lapangan  dengan penuh tanggung jawab,” katanya.

Sementara Agus Purwanto Ketua LMDH Ngudi Waluyo di lokasi yang sama menyampaikan, bahwa ia bersama anggotanya siap membantu mencegah terjadinya kebakaran hutan di wilayahnya, “Kami akan selalu bekerjasama dengan semua pihak yang terkait dengan pengendalian kebakaran hutan,” ujarnya. (Kom-PHT/Mdn/Yud)

Editor : Ywn

Copyright©2020

.