"Loading..."

Perhutani dan PT WDM Survey Lahan Kerjasama Agroforestry Tebu di Saradan

SARADAN, PERHUTANI (25/1/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan bersama PT Wahyu Daya Mandiri (WDM)  melakukan survey calon lahan tanaman Agroforestry tebu yang akan dikerjasamakan oleh kedua belah pihak yang berada di wilayah hutan Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Jenangan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Pajaran, Minggu (24/1).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Administratur KPH Saradan Bambang Cahyo Purnomo didampingi oleh Asisten Perhutani (Asper) BKPH Pajaran Sudarmadji dan Kepala RPH Jenangan Mursito, General Manager PT Wahyu Daya Mandiri (WDM) Minardi, bersama jajarannya dan Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wono Jati Waluyo Desa Jenangan Eko Pujianto.

Administratur KPH Saradan Bambang Cahyo Purnomo mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan sinergi BUMN antara Perhutani dengan PT Wahyu Daya Mandiri (WDM) untuk mendukung pemerintah dalam program kedaulatan gula. “Untuk pelaksanaan kegiatan kerjasama Agroforestry tanaman tebu ini kita akan melibatkan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) sebagai tenaga kerja pengelolaan tanaman tebu, tenaga memelihara dan untuk menjaga keamanannya guna menghindari terjadinya pencurian dan kebakaran tanaman tebu,” ujar Bambang Cahyo Purnomo.

”Sesuai rencana kita akan meningkatkan kerjasama dengan bentuk kerjasama Tripartit antara Perhutani, PT WDM dengan LMDH. Perhutani sebagai penyedia lahan untuk tanaman tebu, PT WDM untuk pembiayaan dan pengolahan tebu menjadi gula dan LMDH sebagai tenaga pengelolaan lahan. Dengan kerjasama Tripartit nanti diharapkan akan mampu menguntungkan para pihak sekaligus sebagai upaya untuk pemberdayaan masyarakat sekitar hutan dalam meningkatkan kesejahteraannya,” Bambang menambahkan.

Sementara itu General Manager PT WDM Minardi mengatakan, bahwa pihaknya siap melakukan kerjasama bidang Agroforestry tanaman tebu dengan Perhutani KPH Saradan. “Kami berharap kerjasama ini akan mampu mendatangkan keuntungan pada kedua belah pihak. Kami mendapatkan bahan baku tebu untuk pembuatan gula dan Perhutani bisa meningkatkan pendapatan untuk perusahaan,” jelas Minardi. (Kom-PHT/Srd/Swn)

Editor : Ywn

Copyright©2021