"Loading..."

Perhutani dan PTPN IX Bersinergi Kembangkan Agroforestry Tebu

SEMARANG, PERHUTANI (11/09/2020) | Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah (Divre Jateng) menggelar rapat koordinasi dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX terkait pemanfaatan kawasan hutan untuk tanaman tebu di Kantor Perhutani Divre Jateng, Semarang pada Rabu (09/09).

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Kepala Divisi Regional Jawa Tengah Endung Trihartaka, Direktur PTPN IX Tyo Handoko, serta perwakilan dari kedua belah pihak.

Kepala Divre Jateng, Endung Trihartaka menyampaikan bahwa sampai saat ini realisasi tanaman tebu yang terdapat di Jawa Tengah adalah seluas 108,91 Ha dari keluasan lahan 1082,95 Ha sesuai SK Menteri.

“Perum Perhutani Divre Jateng siap mempercepat pemanfaatan kawasan hutan untuk tanaman tebu sebagai upaya mensukseskan program pemerintah dalam ketahanan pangan Nasional. Besar harapan kami kerjasama ini betul-betul ditindaklanjuti agar program-program pemerintah dalam hal ketahanan pangan nasional terus berkesinambungan. Tidak ada pihak yang dirugikan dalam pemanfaatan kawasan hutan untuk tanaman tebu,” tegas Endung.

Di kesempatan yang sama, Direktur PTPN IX,  Tyo Handoko menyampaikan kesepahamannya.

“Kami disini juga dalam satu pandangan yang sama akan amanat Menteri LHK P81/2016 tentang Penggunaan dan Pemanfaatan Kawasan Hutan untuk Mendukung Ketahanan Pangan, dengan kombinasi penanaman kayu dan tebu di area lahan hutan yang selama ini belum bisa dimanfaatkan dengan optimal,” ungkapnya.

Dengan melihat potensi-potensi baik secara teknis dan secara sosial di lapangan diharapkan sinergi BUMN kehutanan dan perkebunan ini dapat membantu ketahanan pangan Negara dalam hal swasembada gula. (Kom-PHT/DivreJateng/Cia).

Editor : Ywn
Copyright©2020