"Loading..."

Perhutani dan PTPN X Tanam Perdana Agroforestry Tebu di Hutan Mojokerto

MOJOKERTO, PERHUTANI (5/12/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mojokerto bersama PTPN X melakukan penanaman perdana hasil kerjasama agroforestry tebu di petak 21a wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Tenggerejo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Dradah yang secara administratif masuk Desa Tenggerejo, Kecamatan Kedungpring, Lamongan pada Rabu (2/12).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Perhutani Divisi Regional Jawa Timur Oman Suherman dan Administratur KPH Mojokerto Suratno, Direktur Utama PTPN X Aris Toharisman dan General Manajer Pabrik Gula (PG) Gempolkerep.

Oman Suherman pada kesempatan itu menyampaikan, bahwa kerjasama agroforestry tebu ini untuk mendukung program pemerintah dalam swasembada gula. Menurut Oman di wilayah Perhutani Jawa Timur pihaknya bersinergi dengan PTPN X akan mengembangkan lagi tanaman tersebut menjadi 5.600 hektar dan lokasinya tersebar di beberapa KPH. “Khusus KPH Mojokerto tahun 2020 ini ditanam tebu seluas 56.8 hektar dan tahun depan ditambah luasnya menjadi 273 hektar,” terang Oman.

Sementara Direktur Utama PTPN X Aris Toharisman memberikan apresiasi kepada Perhutani yang telah ikut mensukseskan program swasembada gula. “Ini awal yang baik, semoga kedepan Perhutani dan PTPN X dalam satu cluster yaitu perkebunan dan kehutanan bisa terjalin dengan baik dan kedepan bisa lebih baik lagi,” tandas Aris.

Tikyar selaku Ketua LMDH Tani Makmur menyampaikan rasa terima kasih dan mendukung adanya kegiatan tanam bersama ini. Tikyar menyatakan bahwa masyarakat Tenggerejo menyambut baik kerjasama ini yang memanfaatkan masyarakat sekitar menjadi tenaga tanam tebu. (Kom-PHT/Mjk/Umi)

Editor : Ywn

Copyright©2020