"Loading..."

Perhutani dan PTPN X Tanam Perdana Tebu di Kawasan Hutan

JOMBANG, PERHUTANI (22/10/2020) | Kepala Perhutani Divisi Regional Jawa Timur Oman Suherman melakukan penanaman perdana agroforestry tebu bersama Direktur PTPN X  Aris Toharisman di petak 163 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Ngujung, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ngujung Barat, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jombang yang secara administratif lokasi tersebut masuk Desa Ngujung, Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk, Kamis (22/10).

Dalam Sambutannya Oman Suherman menyampaikan, bahwa kegiatan penanaman perdana agroforestry tebu tersebut merupakan kerjasama dalam rangka penggunaan dan pemanfaatan kawasan hutan untuk mendukung ketahanan pangan terutama guna mencukupi kebutuhan  produksi gula dalam negeri dan mengurangi impor gula.

Menurutnya pengembangan agroforestry tebu dilakukan untuk mengejar pendapatan perusahaan guna mendukung proses kelestarian hutan serta memberi nilai tambah bagi masyarakat sekitar hutan. “Masyarakat juga diuntungkan dengan kegiatan ini karena mereka mendapat sharing hasil panen tebu atas usahanya dalam menjaga dan mengawal proses keberhasilan sampai panen,” tambah Oman.

Sementara Direktur PTPN X Aris Toharisman dalam keterangannya menyampaikan terima kasih kepada Perhutani atas kerjasama pengembangan agroforestry tebu dalam kawasan hutan. Menurut Aris selama kerjasama ini sudah dilakukan terutama dalam hal pengawasan dan keamanan yang dilaksanakan Perhutani bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat.

Di tempat yang sama Administratur KPH Jombang Rumhayati berharap terjalinnya sinergitas antara Perhutani dan PTPN X melalui kerjasama agroforestry tebu di wilayahnya dapat terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan gula dalam negeri serta bisa memberikan manfaat dan kemajuan yang diharapkan semua pihak. (Kom-PHT/Jbg/GN)

Editor : Ywn

Copyright©2020