"Loading..."

Perhutani dan Relawan Peduli Lingkungan Tanam 800 Pohon di Kediri

KEDIRI, PERHUTANI (21/2/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kediri bersama relawan peduli lingkungan melakukan penanaman sebanyak 800 plances bertempat di petak 148 wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Besowo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Pare, Minggu (21/2).

Bibit yang ditanam di kawasan blok Gunung Gede tersebut antara lain jenis durian, jambu biji, klampok, ketapang, alpukat dan trembesi. Jenis tanaman tersebut dipilih karena jenis tanaman ini bisa menyimpan air dan bagus untuk peneduh dan bisa diambil buahnya, sehingga masyarakat bisa memetik hasil dari buah tanaman tersebut.

Administratur KPH Kediri A. Fadjar Agung Susetyo, melalui Asisten Perhutani (Asper) BKPH Pare Slamet Budiono menjelaskan bahwa kegiatan penghijauan tersebut dilakukan untuk penyelamatan kawasan blok Gunung Gede lereng Kelud, juga sebagai cadangan sumber air di wilayah Desa Puncu dan sekitarnya yang berada di kawah lereng Gunung Gede.

“Kami apresiasi dan ucapkan terima kasih atas partisipasi semua elemen dalam kegiatan penanaman ini. Ayo kita semua untuk peduli dan menjaga kelestarian hutan,” ujarnya.

Sementara itu perwakilan dari Aliansi Relawan Peduli Lingkungan Kediri dr. Ari Purnomo menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon ini adalah kerjasama antara LAZ Al Azhar, Perhutani dan Komunitas Relawan Lingkungan untuk mengembalikan fungsi hutan di sekitar lereng Gunung Kelud.

Di tempat yang sama Kepala Desa Puncu Hengky Dwi Setyawan yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perhutani dan Relawan Peduli Lingkungan yang dengan suka rela telah menanam dan melestarikan blok Gunung Gede. “Mudah-mudahan dengan melestarikan hutan ini nantinya dapat dirasakan hasilnya oleh masyarakat Desa Puncu,” ujarnya. (Kom-PHT/Kdr/Ton)

Editor : Ywn

Copyright©2021