"Loading..."

Perhutani dan Stakeholder Tanam Ratusan Pohon di Kawasan Sumber Mata Air di Magelang

KEDU UTARA, PERHUTANI (25/02/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Windusari, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah IX menaman pohon beringin, gondang, alpokat sebanyak 250 bibit pada kawasan sumber mata air di petak 11a Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Kalegen, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Magelang, Rabu (24/02).

Turut hadir pada acara tersebut Asisten Perhutani (Asper) BKPH Magelang Yudi Noviar, Kepala CDK wilayah IX Ari Haryoto, Camat Windusari Subiyanto, Kapolsek Windusari Sutarman, Danramil Windusari Adi Sanyoto, Kepala Desa Genito Trasmantoyo sekaligus sebagai Ketua LMDH Giyanti Group.

Menyampaikan amanat Administratur KPH Kedu Utara, Asisten Perhutani BKPH Magelang Yudi Noviar menjelaskan dengan adanya penanaman pada titik atau lokasi yang tepat dapat mengurangi efek pemanasan global dan polusi.

“Upaya ini sangat penting untuk menjaga kestabilan alam. Perlu kita ketahui juga bahwa persediaan air tanah bisa cepat habis jika faktor pengikat air semakin berkurang,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Windusari Subiyanto menyampaikan pentingnya perlindungan sumber mata air.

“Menanam pohon bukan hanya bermanfaat satu hal saja. Banyak yang kita ambil manfaatnya salah satu yang penting adalah persediaan air dalam tanah bisa awet sehingga tidak akan cepat kekeringan,” pungkasnya. (Kom-PHT/Kdu/Eko)

Editor : Ywn
Copyright©2021