"Loading..."

Perhutani Dapat Dukungan TNI-POLRI dalam Pelaksanaan RHL di Pekalongan Timur

PEKALONGAN TIMUR, PERHUTANI (04/11/2020) | Bertempat di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Randudongkal, pelaksanaan penanaman Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) di wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pekalongan Timur mendapat dukungan dari jajaran TNI-POLRI dan masyarakat, Selasa (03/11).

Penanaman RHL tahun 2019 pada lahan seluas 1134,2 Ha dengan jumlah tanaman sebanyak 613.352 plances dengan jenis tanaman puspa, randu, nangka, apokat dan jenis lainnya telah dilaksanakan di wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Watukumpul, RPH Bongas, dan RPH Winduaji. Sedangkan RHL Tahun 2020 seluas 144,3 Ha dengan jumlah tanaman 77.150 plances jenis jengkol, pete dan durian rencananya ditanam di wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Randudongkal dan saat ini masih dalam tahap persiapan.

Administratur KPH Pekalongan Timur, Didiet Widhy Hidayat mengatakan bahwa penanaman RHL tahun 2019 di wilayah KPH Pekalongan Timur sudah dilaksanakan 100% dan saat ini telah dilakukan pengawasan dan penilaian (Waslai) oleh Tim Pendamping dari PT. Graha Inforessindo Semarang secara rutin.

“Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) Pemali Jratun menargetkan prosentase tumbuh tanaman RHL sebesar 75%, sementara hasil yang diperoleh dari monitoring Waslai mencapai 93% sehingga untuk RHL di wilayah KPH Pekalongan Timur masuk kategori baik untuk tingkat Jawa Tengah,” tuturnya.

Tim pendamping dari PT. Graha Inforessindo Semarang, Jamal dalam arahannya menyampaikan bahwa untuk mencapai program keberhasilan RHL di KPH Pekalongan Timur perlu persiapan tanaman cadangan untuk sulaman dengan kondisi bibit tanaman yang sehat dan siap tanam.

Di kesempatan yang sama Bhabinkamtibmas Polres Pekalongan, Gianto, menyampaikan dukungan penuh kepada Perhutani dalam melaksanakan program RHL.

“Semoga dengan program RHL ini masyarakat dan stakeholder terkait bisa mewujudkan hutan lestari untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat serta dapat memberikan manfaat bagi para pihak di dalamnya sehingga masyarakat juga sejahtera,” pungkasnya. (Kom-PHT/Pkt/Mw)

Editor : Ywn
Copyright©2020