"Loading..."

Perhutani, Dinas Pertanian, dan Kodim Gelar Rakor Ketahanan Pangan di Pemalang

PEMALANG, PERHUTANI (29/09/2020) | Mendukung program Ketahanan Pangan Nasional di Kabupaten Pemalang, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pemalang melaksanakan rapat koordinasi rencana pelaksanaan program ketahanan pangan tahun 2021 bersama Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang dan Komandan Distrik Militer (Kodim) 0711 Pemalang bertempat di RM Kaligelang Pemalang, Senin (28/09).

Hadir dalam acara Administratur KPH Pemalang Akhmad Taufik beserta jajaran, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Sarpra) Dinas Pertanian Sukardi, Kepala Bidang Anggaran Suhendro, staf ahli Balai Persertifikatan Benih Haryonoan, Wakil Komandan Kodim 0711 Pemalang Mayor Cpm Edi Nuryanto, dan Kepala Seksi Territorial (Kasiter) Kapten Supardi.

Administratur KPH Pemalang, Akhmad Taufik dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Perhutani membuka kesempatan pada jajaran instansi terkait untuk bersama mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional.

“Perhutani telah menyiapkan lokasi untuk demplot program ketahanan pangan di petak 53 seluas 32,7 Ha di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Klapanunggal, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Bantarsari. Kami berharap dengan kerjasama antar instansi terkait, program ketahanan pangan dapat terwujud dan masyarakat dapat menikmati manfaatnya,” tuturnya.

Pembuatan demplot di petak 53 mendapat respon baik dari Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang dan Kodim 0711 Pemalang. Kepala Bidang Sapra Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang Sukardi menyampaikan bahwa Dinas Pertanian sangat mendukung program ketahanan pangan di dalam kawasan hutan yaitu dengan menyiapkan sarana pengairan dengan membuat sumur bor, pompa air, benih padi gogo untuk mencukupi kebutuhan benih demplot dalam dua musim tanam dan benih jagung semusim. Selain itu Dinas Pertanian siap mengalokasikan bantuan benih usulan Calon Penggarap Calon Lahan (CPCL) yang telah diusulkan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dalam wilayah Kabupaten Pemalang. (Kom-PHT/Pml/Eko)

Editor : Ywn
Copyright©2020