"Loading..."

Perhutani Divisi Regional Jatim Terima Kunjungan Kerja Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan

SURABAYA, PERHUTANI (23/06/2020) | Kepala Perum Perhutani Divisi Regional (Divreg) Jawa Timur Oman Suherman menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan yang membidangi sektor kehutanan, perkebunan, pertanian serta sektor peternakan. Rombongan Komisi II ini dipimpin langsung Ketuanya Joko Cahyono dalam rangka roadshow persiapan masa new normal, Selasa (22/06).

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menggerakkan sektor riil masyarakat khususnya di Kabupaten Pasuruan, dengan cara merecovery kondisi ekonomi. Upaya tersebut dalam rangka akselerasi untuk percepatan sektor ekonomi. Salah satunya alternatif percepatan ekonomi itu adalah hutan sebagai satu solusi tujuan pemulihan ekonomi masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Oman Suherman mengungkapkan bahwa Pihaknya selama ini telah berkontribusi kepada masyarakat dengan memberikan akses lahan melalui pola kerjasama pengelolaan hutan seperti agroforestry atau lainnya. Menurutnya model pengelolaan hutan bersama masyarakat ini telah berjalan beberapa waktu di Perhutani dan melalui kerjasama semacam ini masyarakat telah diuntungkan dengan mendapat bagian dari pengelolaan sumber daya hutan itu tidak kurang dari 14 milyar per tahun dinikmati masyarakat.

“Bahkan Perhutani juga telah menyiapkan lahan seluas 120.000 hektar yang tersebar di beberapa wilayah untuk dikelola oleh masyarakat melalui program Perhutanan Sosial, pastinya ini untuk mendorong agar ekonomi masyarakat lebih mandiri,” paparnya.

Hal lain yang menjadi pembahasan diantaranya, rencana pembangunan embung, pengelolaan wana wisata dan pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) selain itu yang lebih krusial adalah mengenai hutan sebagai sumber ketersediaan mata air, anggota dewan sepakat bahwa sumber daya hutan perlu dilestarikan keberadaannya. (Kom-PHT/Divre Jatim/Pth)

Editor : Ywn

Copyright©2020