"Loading..."

Perhutani, DPRD Wonogiri, dan Forkopimcam Jatipurno Tanam 3.000 Bibit Buah-buahan

SURAKARTA, PERHUTANI (01/03/2021) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Jatipurno mengadakan penanaman bersama dalam kegiatan Kembang Menanam di petak 86-1 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Watukempul, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Selatan, Kabupaten Wonogiri, Senin (01/03).

Acara dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri yaitu Suprapto dan Sarwo, Kepala BKPH Lawu Selatan Edi Saryono, Camat Jatipurno Bahari, Pelda Wagiyo, Bripka Susilo, Babinsa Kembang Serma Widhi, Kepala Desa Kembang Suwarno, Koordinator Kegiatan Mulyoko, dan para relawan serta Masyarakat Peduli Api (MPA).

Sebanyak 3.000 plances jenis tanaman Matoa, Jambu, Durian, Alpukat, Beringin, Aren, Mundu dan Sirsak ditanam dalam kegiatan yang menjadi salah satu upaya konservasi lahan untuk mengembalikan habitat binatang sejenis Kera di sekitar Wonogiri sehingga tidak merusak lahan pertanian warga.

Menyampaikan pesan Administratur KPH Surakarta, Kepala BKPH Lawu Selatan, Edi Saryono menyampaikan bahwa penanaman pohon di beberapa lokasi juga bertujuan mencegah longsor dan banjir.

“Dengan menanam pohon, ia dapat mengikat air dalam tanah serta menghasilkan oksigen. Tanaman yang ditanam kali ini, nantinya menjadi kelola Perhutani sebagai pemangku hutan/kawasan dan tidak boleh ditebang,” ujarnya.

Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, Suprapto menjelaskan bahwa kegiatan penanaman selain bertujuan untuk memenuhi sumber pangan bagi Kera di dalam hutan sehingga tidak masuk ke rumah-rumah warga di sekitar hutan. Kegiatan ini juga menjadi ajakan kepada masyarakat untuk lebih peduli pada kelestarian hutan.

Camat Jatipurno, Bahari dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Perhutani dan semua pihak atas terjalinnya sinergitas yang baik selama ini.

“Semoga kerjasama yang terjalin antara Forkopimcam dan Perhutani ini akan terus berlanjut sehingga dapat mengelola alam dengan lebih baik lagi,” pungkasnya. (Kom-PHT/Ska/Ipk)

Editor : Ywn
Copyright©2021