"Loading..."

Perhutani Dukung CDK Ponorogo Bina LMDH Sido Luhur Madiun

MADIUN, PERHUTANI (19/8/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madiun mendukung Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah Ponorogo  melakukan pembinaan  kerjasama program Perhutanan Sosial yang bertempat di Sekertariat LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Sido Luhur Desa Kaponan Kecamatan Mlarak  Kabupaten Ponorogo, Selasa (18/8).

Hadir dalam acara tersebut Asisten Perhutani (Asper) Sukun Purwanto mewakili Administratur Perhutani KPH Madiun, Kepala Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan CDK Ponorogo Sabar beserta jajarannya, Ketua LMDH Sido Luhur Zainudin beserta seluruh anggota LMDH.

Purwanto dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Perhutani sangat mendukung upaya CDK Wilayah Ponorogo yang melakukan pembinaan LMDH sebagai mitra binaanya.

Kepala Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan CDK Ponorogo Sabar menghimbau agar LMDH Sido Luhur segera mencukupi kekurangan kelengkapan persyaratan pengajuan pengukuhan kerjasama kemitraan kehutanan untuk mendapatkan Surat Keputusan Perhutanan Sosial dari Kementerian Lingkumgan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Menurut Sabar setelah mendapatkan SK Perhutanan Sosial dengan skema Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) tersebut LMDH diharapkan dapat lebih optimal dalam bekerjasama dengan Perhutani di semua bidang kegiatan pengelolaan hutan.

“LMDH  harus mampu membuat rencana kerja kelola hutan jangka pendek, menengah dan jangka panjang terkait dengan  pengelolaan hutan yang ada di pangkuannya. Dan hal tersebut butuh kerja keras yang melibatkan semua pihak baik itu peran Desa, CDK dan Perhutani dalam mengawal dan memonitor kemajuan LMDH,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua LMDH Sido Luhur Zainudin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perhutani dan CDK Ponorogo yang telah memberikan pembinaan, pengawalan keberlangsungan eksistensi LMDH, “Dengan harapan LMDH Sido Luhur mampu memberikan kontribusi atau sharing dari tanaman agroforestry yang digarap masyarakat.” ujar Zaiunudin. (Kom-PHT /Mdn/Yud)

Editor : Ywn

Copyright©2020