"Loading..."

Perhutani Dukung IPB Survey Kajian Bagi Hasil Kemitraan Kehutanan di Pati

PATI, PERHUTANI (22/10/2020) | Bertempat di ruang serbaguna Perhutani, Tim Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pati bersama Tim Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan pertemuan dalam rangka Survey Kajian Bagi Hasil Kemitraan Kehutanan bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan Mitra PTPN IX Pabrik Gula (PG) Rendeng Kudus, Senin (19/10).

Dengan narasumber Soni Trison dari IPB yang merupakan Dosen Fakultas Kehutanan IPB, tim melakukan survey utamanya pada komoditas tebu, jagung, kopi, dan biomassa.

Dalam kesempatan tersebut Administratur KPH Pati, Edrian Sunardi menyambut baik pertemuan ini. Ia berharap hendaknya kajian seperti ini dapat terus ditingkatkan karena membawa dampak yang bagus untuk LMDH. Secara obyektif nantinya dapat diketahui sejauh mana hutan di Perhutani membawa dampak positif bagi LMDH dan Mitra setelah menanam komoditas tersebut.

Edrian menerangkan jumlah LMDH yang ada di wilayah Perhutani KPH Pati ada sebanyak 133 LMDH yang meliputi 5 Kabupaten yaitu, Pati, Jepara, Kudus, Grobogan dan Blora. LMDH sebagai mitra Perhutani, bekerjasama dalam Skema Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) dan Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS). Tak lupa Edrian mengingatkan agar tanaman dirawat dengan baik supaya hasilnya maksimal sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar kawasan hutan.

Salah satu tim dari IPB, Soni Trison juga mengingatkan bahwa dalam menanam komoditas tersebut hendaknya LMDH dan Mitra membuat terobosan baru, yaitu mengembangkan area tanaman untuk wisata supaya ada tambahan penghasilan selain dari tanaman pokok.

“Contohnya di daerah Magelang Jawa Tengah. Kawasan sawah yang ditanami padi dijadikan wisata kuliner (dibuatkan saung/gazebo). Kegiatan tersebut menjadi tambahan penghasilan selain dari tanaman padi. Selain itu, zaman sekarang era digitalisasi, jadi semua pemasaran produk-produk komoditas LMDH bisa dipasarkan secara online sehingga cepat laku terjual dengan cakupan nasional maupun internasional,” imbuhnya. (Kom-PHT/Pti/Sgt)

Editor : Ywn
Copyright©2020