"Loading..."

Perhutani Dukung Kegiatan Pelestarian Alam di Lawu Utara

SURAKARTA, PERHUTANI (31/08/2020) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta mendukung kegiatan pelestarian alam yang diselenggarakan oleh Divisi 87 dari Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) Jawa Tengah bersama stakeholder di Telaga Sekar Jinggo, Sekipan, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Banjarsari, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Utara, Kabupaten Karanganyar, Senin  (31/8).

Acara dihadiri oleh Administratur KPH Surakarta Sugi Purwanta, Kapolsek Tawangmangu Ismugiyanto, Danramil Tawangmangu Heru, Danramil Tawangmangu Heru N, Camat Tawangmangu Rusdianto, Kepala Cabang Dinas Kehutanan X Misbah, Wakil Administratur Susilo, Perwira Pembina Basirun, Asper BKPH Lawu Utara Widodo, Komandan Regu Polisi Hutan Mobil (Polhutmob) Siswo beserta anggota dan para Relawan.

Kegiatan diisi dengan pelepasan bibit ikan nila di telaga ‘Sekar Jinggo’ wana wisata Sekipan dan pelepasan burung di sekitar area tersebut, selain bertujuan untuk melestarikan ekosistem juga dalam rangka menjaga lingkungan alam khususnya hutan. Salah satu contohnya burung, burung dapat membantu proses penyerbukan bunga menjadi buah juga mengendalikan serangga yang menjadi hama  pertanian.

Peserta yang hadir melepaskan sebanyak 7.500 ekor ikan nila dan 100 ekor burung. Acara dilanjutkan dengan pemasangan papan informasi/himbauan tentang larangan perburuan di wilayah hutan.

Administratur KPH Surakarta Sugi Purwanta menjelaskan bahwa Perhutani KPH Surakarta bersama elemen masyarakat di Tawangmangu telah melaksanakan berbagai kegiatan cinta lingkungan. “Kegiatan ini merupakan wujud kebersamaan di Tawangmangu untuk bersama-sama mencintai dan melestarikan lingkungan supaya memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat sekitarnya,” ujar Sugi.

Ketua komunitas Divisi 87 Perbakin Jawa Tengah, Guntur mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini sebagai salah satu upaya pelestarian alam, “Agar jika masyarakat ke hutan masih bisa mendengarkan suara kicauan burung dan melihat ikan endemic yang ada di sekitar hutan. Rencana pelepasan bibit ikan dan burung juga akan dilakukan di beberapa wilayah,” pungkasnya. (Kom-PHT/Ska/Ipk)

Editor : Ywn

Copyright©2020