"Loading..."

Perhutani Dukung Kodim 0814 Jombang Tanam Rumput Vetiver

JOMBANG, PERHUTANI (03/03/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jombang Dukung Komando Distrik Militer (Kodim) 0814 Jombang melakukan penanaman Rumput Vetiver (Akar Wangi) di Wana Wisata Sumberboto tepatnya di petak 10 wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Gempol, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Gedangan pada Selasa (03/03).

Lokasi penanaman tersebut secara administratif berada di Desa Japanan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Kegiatan penanaman tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Distrik Militer (Dandim) 0814 Jombang, Harjono.

Dalam sambutanya Harjono menyampaikan bahwa penanaman rumput Vetiver tersebut ditanam pada daerah yang rawan longsor, erosi serta banjir, karena tumbuhan tersebut memiliki akar yang sangat kuat untuk menahan erosi.

Menurutnya kegiatan penanaman rumput vertiver ini adalah instruksi Pemerintah untuk mencegah musibah bencana tanah longsor. Secara simbolis penanaman dilaksanakan oleh Dandim 0814 Harjono, Kapolres Jombang, Boby Paludin Tambunan, Administratur Perhutani KPH Jombang yang diwakili oleh Asisten Perhutani (Asper) BKPH Gedangan Kusnun Arifin.

Usai penanaman Harjono mengucapkan terimah kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran kegiatan ini, “Terutama kepada Perhutani KPH Jombang yang mendukung dan menyiapkan lahan untuk pembibitan rumput vetiver,” ungkapnya.

Sementara di tempat terpisah Administratur KPH Jombang, Beddi Taviffudin menjelaskan bahwa pihaknya sangat mendukung segala upaya kegiatan yang berhubungan dengan kelestarian hutan.

“Kami akan mendukung dan membuka ruang bagi siapapun yang ingin mengadakan kegiatan pelestarian hutan dan sumberdaya alam di wilayah Perhutani KPH Jombang,” ujarnya.

Kegiatan penanaman tersebut diikuti 150 orang antara lain dari jajaran Perhutani KPH Jombang, jajaran Polres Jombang, jajaran Sastrad 222 Kabuh, perangkat Kecamatan Mojowarno dan Desa Japanan, perwakilan pelajar Sekolah SMPN, SMAN Mojowarno, relawan Semar dan Senkom Kecamatan Mojowarno. (Kom-PHT/Jbg/Ars)

Editor : Ywn

Copyright©2020