"Loading..."

Perhutani Dukung Pemkab Kudus Hijaukan Kawasan Bendungan Logung

PATI, PERHUTANI (07/12/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pati mendukung Pemerintah Kabupaten Kudus dalam upaya menghijaukan kawasan sekitar Bendungan Logung, tepatnya di Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, dengan melaksanakan penanaman bersama, Sabtu (05/12).

Kegiatan yang juga bertepatan dengan hari Bakti ke-75 Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang digelar serentak di sejumlah tempat di Indonesia ini, difokuskan pada area sabuk hijau (greenbelt) Logung oleh berbagai kalangan masyarakat yang sepakat mendukung dan peduli untuk melestarikan kawasan Bendungan Logung.

Ikut hadir dalam penanaman tersebut, Plt Bupati Kudus Hartopo, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana M. Adek Rizaldi, Plt Kepala Dinas PUPR Arief Budi Siswanto, Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan dan Pengembangan Bisnis (PPB) Perum Perhutani KPH Pati Rohasan.

Administratur KPH Pati melalui Kasi PPB, Rohasan menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan penghijauan ini sebagai upaya menjaga fungsi utama bendungan sebagai tampungan air dan ekosistem khususnya di sekitar wilayah Kabupaten Kudus.

Plt Bupati Kudus, Hartopo di kesempatan tersebut menyampaikan kegiatan menanam pohon di area sabuk hijau Bendungan Logung merupakan salah satu upaya konservasi sekaligus pengembangan potensi ekonomi lokal sekitar.

“Kawasan Bendungan Logung membutuhkan perhatian khusus terkait dengan penghijauan, mengingat masih didapati wilayah gundul. Dalam mengembalikan ekosistem, diperlukan kepedulian bersama masyarakat untuk juga gemar dan peduli lingkungan yaitu dengan cara menanam pohon,” ujar Hartopo.

Kepala BBWS, Pemali Juwana M. Adek Rizaldi juga memaparkan bahwa banyak pohon tua yang sudah tidak berfungsi untuk mencegah erosi di sekitar bendungan dan pohon yang mati atau ditebang, sehingga terjadi sedimentasi di dasar bendungan. (Kom-PHT/Pti/Gto)

Editor : Ywn
Copyright©2020