"Loading..."

Perhutani Dukung Penanaman Satu Juta Pohon di Ponorogo

LAWU DS, PERHUTANI (16/11/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Sambit melakukan kegiatan penanaman satu juta  bibit pohon trembesi, sengon buto , mente, alpukat dan nangka yang bertempat dipetak 135b lokasi sumber mata air di wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Bungkal, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ponorogo Timur secara administratif masuk Desa Maguwan, Kecamatan  Sambit, Kabupaten Ponorogo pada Sabtu (14/11)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Sambit Toni Suharsono, Kepala Desa Maguan Endang Winaryati, Asisten Perhutani (Asper) Ponorogo Timur, Polsek Sambit, Koramil, anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), Banser, BPBD, dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber Beji.

Administratur KPH Lawu Ds, Asep Dedi Mulyadi melalui Asisten Perhutani (Asper) BKPH Ponorogo Timur, Narlan menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dan sangat mendukung kegiatan penanaman pohon yang ditanam pada lokasi sumber-sumber mata air dan sempadan sungai dengan jenis tanaman yang memiliki multi fungsi diantaranya berfungsi ekologi dan ekonomi yang dapat dimanfaatkan hasilnya untuk masyarakat khususnya yang berada di sekitar hutan.

“Perhutani KPH Lawu Ds siap menjalin kerjasama dan bersinergi dengan semua stakeholder dalam menjaga kelestarian hutan Maguhan dan mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar hutan. Harapan kedepan kami mengajak semua lapisan masyarakat untuk peduli lingkungan terutama hutan, agar masyarakat ikut peran serta bertanggung jawab dalam melestarikan hutan,” Narlan menambahkan.

Dalam kesempatan yang sama Camat Sambit Toni Suharsono menghimbau dan mengajak kepada para peserta dan masyarakat yang hadir dalam kegiatan penanaman pohon untuk terus melestarikan lingkungan hutan. “Perlunya Sinergitas pengelolaan lahan kawasan maguan sambit yang terdiri dari Hutan Produksi, Hutan Konservasi dan Lahan Pertanian, harus dilaksanakan demi terciptanya kelestarian ekosistem yang baik,” katanya.

“Sinergi dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat sekitar hutan, dengan tatanan kawasan hutan lestari, Kita harus terus berupaya melestarikan hutan untuk menjaga keseimbangan alam dan menjaga sumber mata air untuk diwariskan kepada anak cucu kita kelak,” imbuh Toni.

Sementara Ketua LMDH Sumber Beji Agus Sugiharto Siap Mensukseskan dan mendukung program Pemerintah Desa Maguan dan  Perhutani untuk membuat hutan lestari dan hijau royo-royo. (Kom-PHT/Lwuds/Eko)

Editor : Ywn

Copyright©2020