"Loading..."

Perhutani Dukung Pengembangan KHDTK Universitas Sebelas Maret

SEMARANG, PERHUTANI (08/03/2021) | Kepala Divisi Regional (Kadivre) Perum Perhutani Jateng Oman Suherman bersama Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Jamal Wiwoho, Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Ustaz Yusuf Mansur melakukan penanaman bibit pohon di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Gunung Bromo, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (06/03).

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah bantuan bibit diberikan Perhutani dan segenap pihak kepada Universitas Sebelas Maret yang sedang memperingati Dies Natalies ke-45 dan sebagai implementasi program “Kampus Merdeka” dan “Merdeka Belajar UNS Kepada Masyarakat”.

Sebanyak 200 bibit pohon Eukaliptus dari Perum Perhutani, 1.000 bibit tanaman buah-buahan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Surakarta, dan 50 tanaman sawo besar dari Ustaz Yusuf Mansur ditanam di KHDTK seluas 126 hektar.

Kadivre Jawa Tengah, Oman Suherman dalam sambutannya mengatakan bahwa penyerahan bibit tanaman ini merupakan bentuk kerjasama dan sinergitas antar instansi dalam rangka upaya rehabilitasi hutan dan lahan.

“Kami menyerahkan sebanyak 200 bibit tanaman jenis Eukalipus dan kami berharap dengan keterlibatan jajaran akademisi, program penghijauan akan lebih sukses dan dirasakan manfaatnya oleh semua lapisan masyarakat,” ujar Oman.

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengucapkan terima kasih kepada segenap jajaran yang telah turut ikut serta dalam pengembangan KHDTK.

“Insya Allah kami akan memanfaatkan KHDTK ini dengan hal-hal yang mendukung program pemerintah, khususnya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian-kementerian lain guna kepentingan pendidikan, pariwisata dan lingkungan,” ujarnya.

Sebelum kegiatan penanaman bibit pohon tersebut, Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyatakan komitmennya untuk mendukung UNS Surakarta dalam mengembangkan KHDTK.

“KHDTK memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Terbentang seluas 126,291 Ha, yang ditumbuhi pepohonan pinus dan karet yang menjulang tinggi. Kami “eman-eman” kalau tidak dimanfaatkan, karena pohon ini sudah ditanam 80 tahunan yang lalu dan sangat indah sekali. Sehingga harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Tampak ikut hadir dalam kegiatan, segenap Wakil Rektor UNS, Ketua Senat Akademik UNS, Kapolres Karanganyar dan Administratur KPH Surakarta beserta jajarannya. (Kom-PHT/DivreJtg/Ayk)

Editor : Ywn
Copyright©2021