"Loading..."

Perhutani Dukung Program Kemitraan Agroforestry Pemdes Selur di Ponorogo

LAWU DS, PERHUTANI (15/06/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds mendukung upaya Pemerintah Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo melakukan sarasehan dan sosialisasi program kemitraan Agroforestry yang diikuti oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Argo Raya bertempat  di Balai Dukuh Putuk Desa Selur, Sabtu (13/06).

Menurut Kepala Desa Selur, Suprapto menyampaikan jika keberadaan LMDH bisa menjadi solusi warganya untuk mewujudkan program kemitraan dengan tanaman agroforestry supaya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar hutan bisa lebih sejahtera.

“Dengan adanya kepercayaan kerjasama kemitraan dari Perhutani, kami siap menyukseskan program agro berbasis sadapan di hutan Perhutani. Kami telah membuat Perdes LMDH menjadi Lembaga Kemasyarakatan Desa, sehingga pemerintah dapat mengalokasikan Dana Desa untuk mensupport kegiatan tersebut,” kata Suprapto.

Administratur Perhutani Lawu Ds, Asep Dedi Mulyadi ditempat terpisah mengatakan jika pihaknya sangat mendukung program Pemdes Selur melalui pengembangan cluster Agroforestry berbasis sadapan, “Maksudnya pengembangan tanaman agroforestry tersebut dilakukan di lokasi sadapan,” ujarnya.

“Pengembangan ini bertujuan agar masyarakat tetap eksis di lokasi sadapan karena mereka dapat bertani agro sebagai langkah kegiatan mengoptimalkan sadapan serta optimalisasi lahan. Peningkatan produktivitas lahan tidak hanya menghasilkan getah dan kayu saja tapi ada tambahan dari tanaman agro tersebut,” terang Asep.

Dengan adanya kegiatan tersebut Asep berharap kedepan ada peningkatan ekonomi, baik untuk masyarakat maupun Perhutani. “Sukses tidaknya pengembangan ini tentunya tergantung dukungan dari LMDH dan Pemerintah sehinga semua kegiatan yang ada di tingkat tapak bisa optimal,” imbuhnya (Kom-PHT/Lwuds/Eko)

Editor : Ywn

Copyright©2020