"Loading..."

Perhutani Dukung Program Tilik Desa Pemkab Ponorogo

LAWU DS, PERHUTANI (24/07/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkun Hutan (KPH) Lawu Ds mendukung program ‘Tilik Desa’ dan sosialisasi new normal yang merupakan program Pemerintah Kabupaten Ponorogo yang dipimpin Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni di Kampung Tangguh Semeru Desa Selur, Kecamatan Ngrayun,  Kamis (23/7).

Administratur KPH Lawu Ds melalui wakilnya Dedi Siswandhi menyampaikan bahwa Perhutani sangat mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Ponorogo melalui kegiatan ‘Tilik Desa’. “Ada program kemitraan Agroforestry yang dilaksanakan oleh KPH Lawu Ds di Desa Selur yang  diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Dedi menambahkan, bahwa mayoritas masyarakat setempat berprofesi sebagai penyadap getah pinus sehingga mereka selain menyadap juga memanfaatkan lahan di bawah tegakan untuk ditanami dengan tanaman Agroforestry, empon-empon dan polowijo. Dalam kesempatan itu Dedi menandatangani prasasti perjanjian kerja sama pengelolaan lahan di bawah tegakan dengan tanaman Agroforestry bersama Pemdes Selur.

Dalam kesempatan yang sama Ipong Muchlissoni menyatakan, bahwa program ‘Tilik Desa’ menjadi sarana media serap aspirasi masyarakat yang ada di pedesaan sekaligus menjalin silaturahmi. “Inti dari Tilik Desa ini untuk menguatkan silaturahmi atau ukhuwah sesama masyarakat Ponorogo dan juga mendengarkan aspirasi masyarakat sekaligus melihat secara langsung kondisi pembangunan yang ada di desa,”ujarnya.

“Keberagaman aspirasi yang disampaikan masyarakat di pedesaan akan menjadi poin penting bagi Pemkab untuk mengetahui prioritas pembangunan ke depan. Selain itu saya mengajak kepada semua masyarakat untuk disiplin dan mentaati protokol kesehatan, memberlakukan tatanan hidup baru atau new normal. Kami harap untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penularan Covid-19,” terangnya.

Sementara itu Kepala Desa Selur Suprapto mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Ponorogo atas bantuan yang selama ini telah diberikan di wilayah Kecamatan Ngrayun khususnya di Desa Selur. Suprapto berharap pembangunan prasarana di selur untuk terus dilanjutkan baik dari Pemkab maupun dari pusat.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Ponorogo beserta jajaran, Anggota Komisi V DPR RI, Ketua DPRD Ponorogo, Ketua Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Ponorogo, Forkopimcam Ngrayun, Kepala Desa Selur beserta jajarannya, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Argo Raya dan Masyarakat Desa Selur. (Kom-PHT/Lwuds/Eko)

Editor : Ywn

Copyright©2020