"Loading..."

Perhutani Fasilitasi Karang Taruna Desa Trembes Tanam 2000 Pohon di Hutan Alam Sekunder

MANTINGAN, PERHUTANI (07/11/20) |Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan bersama dengan Karang Taruna Desa Trembes menanam pohon di Hutan Alam Sekunder (HAS). Kegiatan tersebut dilaksanakan di lokasi petak 85 c Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Demaan seluas 6,1 Ha yang masuk pangkuan Lembaga Masyarakat Desa (LMDH) desa Trembes, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang pada Sabtu (07/11).

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala BKPH Demaan Rusmanto, Kepala Desa Trembes Sofyan, Ketua Karang Taruna Desa Trembes Bambang, serta sejumlah anggota LMDH Gunung Modho desa Trembes.

Kegiatan tersebut mentargetkan penanaman 2,000 bibit mulai dari tanaman jenis Tabebuya, Trembesi, Sirsak, Rambutan, Petai, Alpukat, Bungur, Flamboyan, Pucuk merah dapat menghijaukan wilayah petak 85 c. Bibit-bibit tersebut berasal dari Perhutani KPH Mantingan, Cabang Dinas Kehutanan (CDK) di Rembang, Dinas Pertanian, LMDH Gunung Mudho dan Swadaya dari Karang Taruna serta masyarakat desa Trembes.

Administratur KPH Mantingan yang diwakili Kepala BKPH Demaan Rusmanto menjelaskan bahwa hutan sekunder adalah hutan yang tumbuh dan berkembang secara alami sesudah terjadi kerusakan /perubahan pada hutan yang pertama. Hutan sekunder merupakan fase pertumbuhan hutan dari keadaan tapak gundul, karena alam ataupun antropogen sampai menjadi klimak kembali. Secara umum hutan primer dan hutan sekunder memiliki sifat dan ciri ciri antara lain ditumbuhi oleh tegakan muda yang berkomposisi dan memiliki struktur seragam dibandingkan dengan hutan asli primer. Pada awalnya riap pohon besar, namun lambat laun riap pohon mengecil.

“Saya berharap semoga Pemuda Karang Taruna dan juga masyarakat Desa Trembes dapat memelihara agar tanaman yang ditanam pada kegiatan hari ini tumbuh baik dan dapat menjadikan hutan pangkuan Desa Trembes bisa lestari untuk melindungi Situs Mrancang yang sudah diajukan proposalnya untuk dapat dikelola menjadi wisata rintisan religi dan juga wisata alam yang cukup indah yang bisa memuaskan pengunjung wisata, imbuh Rusmanto.

Ketua Karang Taruna Desa Trembes, Bambang mengucapkan terima kasih kepada Perhutani karena telah difasilitasi untuk mengadakan penanaman di kawasan HAS. “Kami ingin menjadikan Situs Mrancang menjadi kawasan Wisata Religius dengan menyajikan pemandangan yang indah,” harapnya. (Kom-PHT/Mnt/Sgt)

Editor : Ywn

Copyright©2020