"Loading..."

Perhutani Fasilitasi LMDH Belajar Olah Sampah Organik Jadi Pakan Ikan

TUBAN, PERHUTANI (22/10/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tuban memfasilitasi  anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Ngimbang Makmur Desa Ngimbang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban melakukan study banding ke lokasi peternakan lebah dan pengolahan sampah organik yang berada di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Merak Urak, Rabu (21/10).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 20 orang anggota LMDH Ngimbang Makmur yang rata-rata usia muda. Menurut Yamani selaku pembina anak-anak muda dari LMDH Ngimbang Makmur mengatakan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memberikan bekal keahlian generasi muda untuk dapat menimba ilmu guna diterapkan di desanya.

“Dengan belajar pengolahan sampah organik menjadi maggot yaitu bahan pakan ikan berprotein tinggi yang merupakan larva dari lalat Black Soldier diharapkan dapat memotivasi mereka untuk bisa membuat sendiri,” ujar Yamani.

Administratur KPH Tuban melalui Kepala Sub Seksi Komunikasi Perusahaan menyampaikan Sri Juliati menyampaikan jika pihaknya sangat mengapresiasi kepada kelompok anak muda yang ingin belajar pembuatan pakan ikan tersebut.

Menurutnya, pihaknya akan memfasilitasi kelompok-kelompok yang ingin belajar di Perhutani. Ia menjelaskan bahwa peternakan madu dan pengolahan sampah organik di wilayahnya tersebut dikelola oleh Rokib selaku Asisten Perhutani BKPH Merak Urak bersama salah satu stafnya Akrib. (Kom-PHT/Tbn/YL)

Editor : Ywn

Copyright©2020