"Loading..."

Perhutani Fasilitasi LMDH Dapatkan KUR BNI di Mojokerto

MOJOKERTO, PERHUTANI (25/07/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mojokerto memfasilitasi Bank BNI Cabang Mojokerto melakukan sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dibutuhkan anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Tapen yang dilaksanakan di rumah dinas Asisten Perhutani (Asper) BKPH Tapen, Jum’at (24/7).

Sosialisasi KUR dilakukan untuk mensukseskan kegiatan Perhutanan Sosial skema Pengakuan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) di wilayah Perhutani KPH Mojokerto dalam rangka mendukung upaya pemerintah untuk ketahanan pangan nasional melalui kegiatan tanaman Agroforestry.

Kegiatan tersebut diikuti antara lain oleh Asper BKPH Tapen, Asper BKPH Kambangan, KSS Kompers, Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM), Ketua LMDH se-wilayah BKPH Tapen dan BKPH Kambangan, pengurus Kelompok Perempuan Desa Hutan (KPDH) BKPH Tapen, Kepala Desa Asemgede dan tim KUR BNI.

Administratur KPH Mojokerto Suratno melalui Asper BKPH Tapen Dudun Wahyuono berharap semua LMDH bisa mendapatkan KUR BNI dan dapat mengangsur dengan lancar hingga lunas agar kedepannya bisa dengan mudah memperoleh kembali KUR BNI tahap kedua.

Tim KUR BNI terdiri dari Ali Imron, Ardika Karya S dan Inggar Herawati. Ali Imron sebagai ketua tim menyampaikan bahwa KUR Agroforestry per hektarnya bisa mendapatkan sebesar Rp 12,5 juta dan untuk pembayarannya dilakukan pada saat panen. “Istlahnya yarnen (bayar setalah panesn) dengan jangka waktu 5 bulan dengan bunga 6 persen setahun,” katanya.

“KUR penggemukan sapi dengan syarat pada saat pengajuan minimal sudah memiliki satu ekor sapi dan bisa memperoleh KUR sebesar Rp 22 juta.  Untuk KUR budidaya tembakau, porang dan usaha produktif masih akan dihitung analisa usaha dalam menentukan besarnya KUR,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ali Imran juga menyampaikan untuk tahap awal pengajuan KUR anggota LMDH yang dikoordinir Ketua LMDH, selanjutnya TPM menghimpun dan mengirim KTP suami istri lewat whatsapp untuk dicek administrasi Banknya.

Usai melakukan checking tersebut, tim KUR BNI melakukan sosialisasi kembali kepada calon nasabah dari 16 desa wilayah BKPH Tapen dan 9 desa wilayah BKPH Kambangan secara bergiliran dan bertahap selama bulan Juli 2020. (Kom-PHT/Mjk/Umi)

Editor : Ywn

Copyright©2020