"Loading..."

Perhutani Fasilitasi Pelantikan Anggota Baru Saka Wanabakti Probolinggo di Bumi Perkemahan Lumbang

PROBOLINGGO, PERHUTANI (15/9/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Probolinggo memfasilitasi Pramuka Satuan Karya (Saka) Wanabakti Probolinggo melakukan pelantikan anggota baru angkatan ke-35 tahun 2020 di Bumi Perkemahan Lumbang Probolinggo, Minggu (13/9).

Administratur KPH Probolinggo Imam Suyuti saat memberikan amanat pada pembukaan acara pelantikan anggota baru Pramuka Saka Wanabakti Probolinggo tahun 2020 angkatan ke-35 menyampaikan, bahwa diperlukan regenerasi untuk keberlangsungan salah satu organisasi remaja ini mengingat anggota Pramuka Saka Wanabakti Probolinggo yang sebagian besar sudah memasuki kelas 12 pada Sekolah Menengah Atas (SMA), “Sebentar lagi akan banyak yang melanjutkan kuliah diluar kota, sehingga diperlukan perekrutan dan pelantikan anggota baru,” katanya.

Menurut Imam, dengan diadakan pelantikan anggota baru ini diharapkan Pramuka Saka Wanabakti Probolinggo akan tetap eksis dan bisa mengikuti setiap event-event kegiatan Pramuka baik yang diadakan oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) maupun Kwartir tingkat nasional (Kwarnas) seperti kegiatan Jambore, reboisasi di kawasan hutan maupun luar kawasan, kerja bakti dilingkungan sekitar dan lain sebagainya.

“Perhutani sebagai pembina akan memfasilitasi dan mendukung penuh pada setiap kegiatan yang diadakan adik-adik Pramuka Saka Wanabakti Probolinggo,” ujarnya.

Acara pelantikan ini juga dihadiri oleh Pimpinan Saka (Pinsaka), Ketua Harian Saka Wanabakti Probolinggo, Pengurus dan Pamong serta anggota Saka Wanabakti Probolinggo. Saat dikonfirmasi usai acara pelantikan, Ketua Harian Saka Wanabakti Probolinggo Tumin mengatakan bahwa perekrutan dan pelantikan anggota baru Saka Wanabakti tahun 2020 Angkatan ke-35 ini mempunyai arti tersendiri, dimana anggota baru yang dilantik pada saat pandemi Covid-19, sehingga acaranya berbeda dengan pelantikan sebelumnya yang saat itu belum ada wabah yang dahsyat ini.

Pada Pelantikan saat ini, acara demi acara harus mengacu kepada protokol pencegahan Covid 19 diantaranya harus memakai masker, menggunakan hand sanitizer dan menjaga jarak selama acara berlangsung. “Walaupun perekrutan anggota baru ditengah Pandemi Covid 19, namun tidak mengurangi minat peserta didik untuk bergabung menjadi anggota baru, hal ini dibuktikan dengan penambahan anggota baru dengan jumlah yang cukup signifikan yaitu sebanyak 47 orang dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang ada di Kota dan Kabupaten Probolinggo dengan rincian 32 orang dari SMKN 1 Probolinggo, 7 orang dari SMKN 2 Probolinggo dan 8 orang dari MAN 2 Probolinggo,” terang Tumin

Tumin menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Perhutani melalui Saka Wanabakti agar peserta didik yang usianya masih remaja bisa melakukan kegiatan yang positif dan tidak terjerumus pada hal-hal yang negatif seperti penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas dan lain sebagainya. “Tak kalah pentingnya dengan ikut bergabung dalam Saka Wanabakti Probolinggo ini akan terpupuk jiwa nasionalisme, patriotisme, kebersamaan, kejujuran sesuai pembelajaran dalam Dasa Dharma dan Tri Satya Pramuka,” paparnya. (Kom-PHT/Pbo/HH)

Editor : Ywn

Copyright©2020