"Loading..."

Perhutani Fasilitasi USB Tuban Adakan FGD Pemberdayaan Masyarakat di Jatirogo

JATIROGO, PERHUTANI (11/11/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jatirogo memfasilitasi acara Focus Group Discussion (FGD) bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang diadakan oleh Universitas Sunan Bonang (USB) Tuban bertempat di Kantor Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Bangilan, Rabu (11/11).

Administratur Perhutani KPH Jatirogo melalui Kepala Sub Seksi Komunikasi Perusahaan Gunung Setyo Rimbawan mengatakan, bahwa ia sangat mendukung acara tersebut, karena di wilayah kerja Perhutani KPH Jatirogo ada sebanyak 36 LMDH yang menjadi mitra Perhutani.

“Di wilayah BKPH Bangilan sendiri ada 6 LMDH yang berada di Kecamatan Kenduruan, sedangkan di Kecamatan Bangilan juga terdapat 6 LMDH,” ujarnya.

Gunung berharap kegiatan FGD ini dapat menyerap informasi dan pengumpulan data untuk dijadikan bahan penelitian sosial terkait pemberdayaan masyarakat sekitar hutan khususnya di Desa Sidorejo Kecamatan kenduruan Kabupaten Tuban.

Sementara Narasumber sekaligus pemrakarsa acara FGD, Sulistyani salah satu Dosen USB Tuban menyampaikan bahwa tujuanya FGD ini untuk memberikan edukasi pembinaan tentang perencanaan dan pemberdayaan Masyarakat Desa Hutan. “Selain itu kegiatan ini untuk menggali potensi lokal guna menunjang pembangunan Desa dan memulihkan perekonomian masyarakat yang melakukan kegiatan di bidang kehutanan, pariwisata, pertanian dan peternakan,” jelas Sulistyani.

Lebih lanjut kata Sulistyani, bahwa guna menunjang kegiatan perekonomian tersebut perlu adanya infrastruktur penunjang seperti perbaikan jalan, instalasi listrik dan air bersih, salah satunya di Wana Wisata Nganget.  “Disini LMDH menyusun dokumen pemberdayaan kelembagaan LMDH yang disusun secara partisipatif dan kolaboratif untuk disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten dan dikemas untuk  kesejahteraan masyarakat Desa Sidorejo,” tutupnya. (Kom-PHT/Jtr/Gn)

Editor : Ywn

Copyright©2020