"Loading..."

Perhutani Forestry Institute Lakukan Uji Kompetensi Siswa SMK Kehutanan Rembang

MADIUN, PERHUTANI (17/3/2021) | Assesor Perhutani Forestry Institute (PeFI) Madiun melakukan kunjungan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan Rimba Taruna Sedan Rembang dalam rangka pelaksanaan uji kompetensi, Kamis (18/3).

Dalam kunjungannya sebanyak 3 orang Assesor dari Perhutani Forestry Institute tersebut disambut oleh Kepala Sekolah beserta jajaran Guru Pengajar dari SMK Kehutanan Rimba Taruna Sedan.

Uji kompetensi dilaksanakan selama 3 hari yakni tanggal 15 – 17 Maret 2021 dan diikuti oleh peserta sebanyak 32 orang yang terdiri dari siswa-siswi Program Keahlian Teknologi Produksi Hasil Hutan SMK Kehutanan Rimba Taruna Sedan.

Suyitno selaku Leader Assesor Perhutani Forestry Institute menyampaikan, bahwa uji kompetensi yang dilaksanakan melalui proses uji pengetahuan, keterampilan dan pengembangan sikap. Proses tersebut disampaikan kepada siswa-siswi dalam 3 bentuk pengujian, antara lain uji tulis, uji lisan dan uji praktek.

“Pelaksanaan uji kompetensi kali ini lebih mengarah pada uji pengetahuan, keterampilan dan pengembangan sikap dalam melaksanakan pekerjaan. Sedangkan untuk bentuknya sendiri terdiri dari, uji tulis, uji lisan dan uji praktek keahlian bidang pengujian hasil hutan. Uji tulis dan uji lisan dilakukan untuk melihat sejauh mana pengetahuan dari para asesi (siswa-siswi), sedangkan uji praktek dilakukan untuk melihat keterampilan dari asesi.” ungkap Suyitno.

Sementara itu Kepala SMK Kehutanan Rimba Taruna Sedan, Suwito Harahap turut mengungkapkan bahwa uji kompetensi tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk menguji kemampuan siswa-siswi setelah mengikuti pendidikan selama 3 tahun.

“Uji kompetensi tersebut dilaksanakan untuk menguji kompetensi keahlian para siswa-siswi. Sudah sejauh mana, apakah optimal dan kompeten atau tidak serta lain-lain. Nantinya hal ini juga ikut menentukan lulus dan tidaknya peserta didik,” ujar Suwito.  (Kom-PHT/Dik/Rb)

Editor : Ywn

Copyright©2021