"Loading..."

Perhutani Gandeng Polres Pemalang Gelar Pembinaan Polhutmob

PEMALANG, PERHUTANI (01/02/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pemalang bertempat di Gedung Wana Graha KPH Pemalang melaksanakan Pembinaan Polisi Hutan Mobil (Polhutmob) bersama Kepolisian Resort (Polres) Pemalang, Senin (01/02).

Materi pembinaan diberikan oleh Kepala Kesatuan Pembinaan Masyarakat (Kasat Binmas) Polres Pemalang,  AKP Nasoir. Kegiatan dihadiri juga oleh Wakil Administratur KPH Pemalang Fitra Praharsa Utama dan Perwira Pembina (Pabin) Jaga Wana Iptu Puwedi.

Administratur KPH Pemalang melalui Wakilnya, Fitra Praharsa Utama dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa Perhutani KPH Pemalang mempunyai wilayah kerja seluas 24.392,60 Ha yang mencakup Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Tegal. Terdapat 4 Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) di Kabupaten Pemalang dan 2 BKPH di Kabupaten Tegal. Di wilayah kerja KPH Pemalang juga terdapat 45 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) binaan dan 2 Kelompok Tani Hutan (KTH) yang sudah mengantongi Surat Keputusan Ijin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS).

“Kami terus berupaya bersinergi melaksanakan pembinaan di wilayah pangkuan Perhutani KPH Pemalang. Semoga pembinaan kepada masyarakat yang sudah dilaksanakan oleh jajaran Perhutani dan didukung oleh jajaran Kasat Binmas Polres Pemalang kedepan akan lebih baik lagi sehingga hutan lestari masyarakat sejahtera, “ tuturnya.

Kasat Binmas Polres Pemalang, AKP Nasoir dalam kesempatannya menyampaikan jajaran Perhutani KPH Pemalang diharapkan menjalankan tugas pokok sesuai dengan prosedur kerja baik di bidang pengamanan hutan atau kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Secara teknis, langkah penanganan hutan diupayakan mendekati masyarakat, yaitu dengan pembinaan masyarakat sekitar hutan, melaksanakan patroli pencegahan. Penegakan hukum diupayakan merupakan pilihan terakhir dalam penanganan hutan,” ujarnya. (Kom-PHT/Pml/Eko)

Editor : Ywn
Copyright©2021