"Loading..."

Perhutani Gelar Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan di Wisata Bukit Seribu Besek Purworejo

KEDU SELATAN, PERHUTANI (30/7/2020) | Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan gelar apel siaga pengendalian kebakaran hutan di Wisata Bukit Seribu Besek Purworejo, Rabu (29/7).

Administratur Kesatuan Pemangkuan  Hutan (KPH) Kedu Selatan, Yudha Suswardhanto sebagai pembina apel, memimpin 147 personil yang terdiri dari personil Polres Purworejo, Dandim 0708, BPBD Purworejo, Cabang  Dinas  Kehutanan Wilayah VII  dan VIII, Pabin Jagawana beserta pasukan polisi hutan, dan segenap Asisten Perhutani beserta petugas lapangan.

Hadir pula dalam apel, Asisten 3 Sekda Purworejo Drs Pram Prasetya Achmad,MM serta jajaran forkopimda Purworejo dan jajaran forkopimcam.

Yudha menyampaikan, Perum Perhutani KPH Kedu Selatan diamanahi untuk mengelola kawasan hutan  44. 659.81 ha yang tersebar di lima kabupaten yaitu Purworejo, Kebumen, Wonosobo, Banjarnegara, Banyumas. Dengan  wilayah yang cukup luas tersebut memiliki beragam permasalahan dan tantangan yang kompleks, salah satunya bencana kebakaran hutan. Untuk itu perlu sosialisasi upaya–upaya pencegahan dan penanggulangannya. Segitiga faktor penyebab kebakaran adalah bahan bakar, udara serta api. Kita harus berupaya menjauhkan ketiga faktor penyebab tersebut agar  terhindar dari bencana kebakaran.

“Api jika kecil menjadi teman tapi kalau besar mendatangkan musibah” begitu peringatan Yudha.

Tidak lupa Yudha mengajak  untuk  bahu-membahu bekerja sama mencegah kebakaran maupun menanggulangi jika terjadi bencana kebakaran.  Pada kesempatan tersebut Yudha juga menyerahkan surat pembukaan Wisata Sibesek dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan kepada pengelola dan memberikan bantuan Alat Pelindung Diri dan vitamin.

Sementara Asisten 3 Sekda Purworejo Drs Pram Prasetya Achmad, MM mendukung  kegiatan Apel Siaga Dalkarhut ini, semoga terjalin kerjasama yang baik diantara semua unsur lapisan masyarakat dalam upaya pencegahan maupun penanggulangan  bencana kebakaran. (Kom-PHT/Kds/Ruwi)

Editor : Ywn

Copyright©2020