"Loading..."

Perhutani Gelar Simulasi dan Apel Siaga Karhutla di Desa Darungan Blitar

BLITAR, PERHUTANI (30/7/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blitar bersama stakeholder melaksanakan Apel Siaga dalam rangka keamanan hutan dan sosialisasi serta simulasi pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Dalkarhutla) yang dilaksanakan di petak 54 wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sekaran, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Lodoyo Barat, Rabu (29/7).

Simulasi dan sosialisasi tersebut dihadiri Wakil Administratur KPH Blitar Sarman, perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar Izazul, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kademangan Kabupaten Blitar, Kepala Desa Darungan dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan  (LMDH) Wono Yoso.

Dalam sambutannya Sarman menyampaikan, bahwa dalam menghadapi musim kemarau perlu ditingkatkan kesiap siagaan petugas di lapangan secara intens dan terus melakukan koordinasi dengan dinas terkait.  “Gangguan keamanan hutan berupa kebakaran hutan dan lahan merupakan tanggung jawab bersama untuk menanggulanginya,” ujar Sarman.

Sementara itu Izazul perwakilan dari BPBD Kabupaten Blitar mengatakan, selain meningkatkan kerjasama dan membangun sinergitas bersama stakeholder dan masyarakat sekitar hutan dalam penanggulangan Karhutla secara cakap, kegiatan tersebut juga berguna untuk memastikan kesiapan petugas di lapangan jika terjadi kebakaran. “Diharapkan setelah simulasi ini, petugas Perhutani bisa mempersiapkan diri ketika terjadi kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya.

Usai apel Karhutla, Sarman menyerahkan secara simbolis alat pemadam kebakaran berupa gepyok, tangki air, kerek besi dan helm kepada peserta apel untuk memulai melakukan simulasi pemadaman kebakaran hutan bersama petugas Perhutani dan anggota LMDH Wono Yoso. (Kom-PHT/Btr/Ag)

Editor : Ywn

Copyright©2020