"Loading..."

Perhutani Gelar Soft Opening Agrowisata Cluster Durian PPG di Jember

JEMBER, PERHUTANI (30/12/2020) | Perhutani Kesatun Pemangkuan Hutan (KPH) Jember menggelar Soft Opening Wisata Agrowisata Cluster PPG (Persemaian Permanen Garahan) Durian Sidomulyo dibuka oleh Asisten II Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Jember dikemas dalam pagelaran kesenian tradisional dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, Selasa (29/12).

Gelaran soft opening wisata ini tersaji secara apik dengan mengkolaborasikan pesan-pesan wisata oleh para Pejabat tertunjuk dengan beberapa kesenian tradisional yang diperankan oleh generasi millenial dari masyarakat desa hutan dalam wilayah Kabupaten Jember.

Administratur KPH Jember Rukman Supriatna dalam sambutannya menyampaikan, “Agrowisata PPG Cluster Durian ini adalah agrowisata yang pertama di wilayah Perhutani Jember. Destinasi wisata ini menyuguhkan wahana alamiah dan sangat menyegarkan. Disini terdapat wahana berupa kebun durian, tempat out bond, camping ground, kuliner khas Jember, edukasi persemaian dan wahana lain yang dapat dikembangkan selanjutnya,” paparnya.

Menurut Rukman Agrowisata PPG Cluster Durian ini juga akan turut menciptakan peluang kerja bagi masyarakat sekitar, sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa setempat.

Asisten II Pemkab Jember, Edy Budi Susilo mewakili Plt. Bupati Jember pada sambutannya menjelaskan bahwa kehadiran pejabat-pejabat lingkup Pemkab Jember yang lengkap ini akan turut memberikan dukungan pada perkembangan destinasi agrowisata tersebut.

Edy menambahkan bahwa potensi wisata agro ini sangat komplit, “Tinggal bagaimana kita memolesnya dengan menyertakan sentuhan-sentuhan tangan artistik dan profesional guna menambah keindahan kenyamanan dan tentunya menghasilkan,” ujarnya.

Soft opening agrowisata PPG Cluster Durian dan Wisata Pinus Sidomulyo ditandai dengan pemotongan pita di pintu utama oleh Asisten II didampingi oleh Administratur KPH Jember, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga, Kepala Cabang Dinas Kehutanan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Asper Sempolan beserta jajaran, Forkopimcam Silo, Kepala Desa Sidomulyo, Tenaga Pendamping Masyarakat, Perwakilan LMDH dan Pengurus DPD-PLMDH Jember.

Acara tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan tari Sadeng, tari Semarak Pandhalungan dan kesenian rakyat Kuda Lumping yang dimainkan oleh para generasi muda yang tergabung dalam Sanggar Tari Cemara Gunung.

Dalam kegiatan tersebut turut dimeriahkan dengan bazar kuliner masyarakat desa hutan dengan aneka masakan berbahan dasar singkong seperti getuk lindri, klepon, kolak, keripik, cennil dan lainnya serta masakan berbahan dasar beras, buah dan bahan lainnya yang berasal dari hasil pertanian dan perkebunan masyarakat dalam kawasan hutan. (Kom-Pht/Jbr/As)

Editor : Ywn

Copyright©2020