"Loading..."

Perhutani Gelar Sosialisasi Pusat Pembelajaran Agroforestri Bersama Dinas Pertanian Pemalang

PEMALANG, PERHUTANI (06/10/2020) | Perhutani  Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pemalang bertempat di Gubug Kerja Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sejahtera Desa Peguyangan Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang melaksanakan sosialisasi Pusat Pembelajaran Agroforestri (PPA) bersama Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang, Senin (04/10).

Tepatnya di petak 53 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Klapanunggal, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Bantarsari KPH Pemalang yang telah disepakati untuk dijadikan lokasi PPA. Pada kesempatan itu hadir Administratur KPH Pemalang Akhmad Taufik beserta jajaran, Kepala Bidang Sarpra Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang Sukardi, Ketua LMDH Sejahtera Wahidin beserta pengurus, Pendamping LMDH dari Lembaga Pengembangan Masyarakat Desa dan Perlindungan Hutan (LPMDPH) Hadi Pramono dan Bambang S. serta para undangan peserta sosialisasi dari masyarakat Desa Peguyangan dan Desa Kebongede, Kecamatan Bantarbolang.

Administratur KPH Pemalang, Akhmad Taufik dalam sambutannya menyampaikan bahwa Perhutani bersama LMDH Sejahtera dan Dinas terkait ingin mewujudkan Pusat Pembelajaran Agroforestry (PPA) dengan melibatkan masyarakat sekitar hutan. Mengingat di petak 53 dengan luasan 32,7 Ha merupakan petak khusus, sehingga sangat tepat dijadikan lokasi PPA dengan sudah terealisasinya tanaman buah-buahan seperti durian, mangga, petai dan rambutan sebanyak 3.500 bibit.

Kepala Bidang Sarpra Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang, Sukardi dalam kesempatan yang sama menuturkan bahwa Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang mendukung penuh program ini dengan bantuan bibit buah-buahan yang sudah diterima dan ditanam oleh LMDH. Selain itu rencananya pada bulan Oktober 2020 akan direalisasikan bantuan sumur pompa sebanyak 8 titik untuk digunakan sebagai sumber pengairan tanaman buah-buahan.

“Atas nama Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang kami sangat mendukung program PPA dan kami siap bilamana dari pihak LMDH dan Perhutani membutuhkan sarana prasarana lain guna melengkapi PPA,” tambahnya.

Ketua LMDH Sejahtera Desa Peguyangan, Wahidin mewakili Warga Desa Peguyangan dan masyarakat sekitar hutan mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak Perhutani KPH Pemalang dan Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang atas dukungannya.

“Kami berharap PPA di lingkungan mereka dapat berjalan dengan baik sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sesuai dengan tujuan program PPA ini dilaksanakan,” tuturnya. (Kom-PHT/Pml/Eko)

Editor : Ywn

Copyright©2020