"Loading..."

Perhutani Gelar Sosialisasi Usulan Kulin KK LMDH Kabupaten Grobogan

GUNDIH, PERHUTANI (06/10/2020) | Bertempat di Ruang Rapat Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Gundih dilaksanakan sosialisasi dalam rangka persiapan verifikasi teknis Pengakuan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) yang telah diusulkan oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) lewat pendampingan Laskar Merah Putih (LMP) yakni sebanyak 35 Lembaga, Selasa (05/10).

Hadir dalam kegiatan Administratur KPH Gundih Agus Priantono dan jajaran, Ketua Paguyuban LMDH Wana Manunggal Amin, segenap Ketua LMDH, Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) Surya Utama, dan Laskar Merah Putih yang diketuai Adi Prayitno dalam hal ini sebagai pendamping LMDH guna mengawal program Perhutanan Sosial (PS) di wilayah KPH Gundih.

Administratur KPH Gundih, Agus Priantono dalam sambutannya menyampaikan pengajuan Kulin KK yang sudah siap dan lengkap untuk diverifikasi teknis oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebanyak 23 LMDH. Namun sesuai data awal yang masuk ke KPH Gundih ada 35 LMDH by name dan by address yang akan diajukan semuanya dengan catatan selama proses ke Kantor Pusat Jakarta, LMDH dapat melengkapi dan memperbaiki kualitasnya. Ia menghimbau LMDH atas nama masyarakat desa hutan harus mengetahui kondisi petak pangkuannya dan potensi hutan yang ada serta memastikan data diri orang-orang penggarapnya beserta titik koordinatnya yang tepat.

“Kami menghimbau agar segenap ketua LMDH dan pengurusnya aktif ke lokasi wilayah pangkuan wilayah desa masing-masing. Hal ini penting untuk meningkatkan hubungan yang harmonis serta sinergi yang baik dalam upaya mendukung program pemerintah,” ujarnya.

Ketua Paguyuban LMDH Wana Manunggal, Amin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perhutani dan Laskar Merah Putih (LPM) yang telah membimbing dan mengawal usulan Kulin KK mereka.

“Semoga program pemerintah mengenai Perhutanan Sosial dapat terwujud dan berjalan lancar sesuai prosedur yang ditetapkan,“ harapnya.

Ketua Ormas Laskar Merah Putih (LMP) Grobogan, Adi Prayitno menyampaikan baru kali ini LMP diberi kepercayaan pendampingan oleh Perhutani KPH Gundih.

“Kami merasa bangga untuk melaksanakan tugas ini dan kami akan kawal terus LMDH ini sampai diverifikasi oleh LHK,” pungkasnya. (Kom-PHT/Gdh/Bdi)

Editor : Ywn

Copyright©2020