Pikiran Rakyat – Perum Perhutani tengah menggenjot pemasaran produk madu dan kulit buaya sebagai salah satu komoditas diversifikasi nonkayu sebagai unggulan di pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.
Menurut Kepala Biro Bisnis Wisata dan Agribisnis Perum Perhutani, Lies Bahunta, di Jakarta, Minggu (24/5/2015), produk andalan tersebut antara lain sabun madu dan produk kuiit buaya. Saat ini pihaknya telah melakukan penyempuraan kualitas dan peningkatkan kuantitas agar mampu bersaing di Asia.
“Kedua produk ini kami nilai paling berpeluang di antara sejumlah produk nonkayu di kehutanan, selain bahan baku sangat banyak juga bisa menyerap banyak tenaga kerja. Intinya, kami mencoba menghasilkan sejumlah nilai tambah dari produk-produk nonkayu,” ujarnya.
Dengan digenjotnya kedua komoditas itu, Perhutani mengincar segmen pasar produk-produk fashion dan consumer goods. Sektor lain yang dikembangkan adalah ekowisata, dengan kluster andalan di Ciwidey Kabupaten Bandung dan Cikole Lembang Kabupaten Bandung Barat.
(KS) ***
Sumber : Pikiran Rakyat, hal. 26
Tanggal : 25 Mei 2015