"Loading..."

Perhutani Ikuti Puncak HMPI Bersama Gubernur Jabar di Kebun Raya Kuningan

KUNINGAN, PERHUTANI (30/11/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kuningan mengikuti Puncak Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2020 Provinsi Jawa Barat yang digelar di Kebun Raya Kuningan, Desa Padabenghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Agenda ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang juga dilakukan secara serentak di seluruh Kwartir Cabang Pramuka di Jawa Barat, Sabtu (28/11).

Hadir pada acara ini Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Kuningan Acep Purnama, Administratur KPH Kuningan Mamun Mulyadi, Kepala dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Kuningan Ukas Suharta Putra, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan, Ketua Forum Komunikasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (FKP DAS) Provinsi Jawa Barat Tom Maskun, Camat Pasawahan Cece Hendra Krisianto, dan Kepala Desa se-Kecamatan Pasawahan.

Dalam kesempatannya Administratur KPH Kuningan, Mamun Mulyadi menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Kabupaten Kuningan yang begitu kompak untuk menanam dan ikut mendukung gerakan menanam 50 juta pohon. Hal ini merupakan nilai yang sangat positif dan diharapkan dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi dalam upaya melestarikan hutan yang ada di kawasan Kebun Raya Kuningan.

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran dalam memulihkan hutan dan lahan untuk penyelamatan sumber daya air, produktivitas lahan, perubahan iklim dan pencegahan bencana hidrometeorologi. Momentum ini diharapkan mampu menggalang partisipasi seluruh masyarakat Kuningan untuk menanam pohon,” ungkapnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjelaskan dalam kegiatan tersebut bahwa dalam waktu satu tahun gerakan tanam dan pelihara 50 juta pohon sudah berjalan sebanyak 19 juta bibit pohon ditanam, khususnya di areal lahan kritis.

“Alhamdulilah baru satu tahun, dengan latar belakang munculnya gerakan penanaman tersebut, lahan kritis yang tadinya berpotensi menyebabkan bencana longsor dan banjir sudah tertanam. Oleh karena itu gerakan tanam dan pelihara 50 juta pohon dapat terealisasi dengan cepat, lahan–lahan kritis menjadi memiliki nilai tambah dan lahan-lahan gundul kembali di penuhi pohon.” tandasnya.

Selain penanaman pohon, Ridwan Kamil juga melakukan penyerahan bantuan ekonomi produktif dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada LMDH Harapan Mulya dan Karang Taruna Cikuray beserta penyerahan bibit pohon kepada Kepala Desa Padabenghar. (Kom-PHT/Kng/Dd).

Editor : Ywn
Copyright©2020