"Loading..."

Perhutani Berharap Perhutanan Sosial Dapat Menunjang Kesejahteraan Masyarakat Desa Hutan

KUNINGAN, PERHUTANI (15/01/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kuningan gencar melakukan kegiatan sosialisasi tentang Perhutanan Sosial (PS) sebagai salah satu langkah pemanfaatan kawasan hutan oleh masyarakat Desa sekitar hutan di beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Kuningan, bertempat di Desa Pakapasan Hilir, Kecamatan Hantara, Kabupaten Kuningan termasuk wilayah kawasan Hutan Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Haurkuning, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Garawangi, Kamis (14/01).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Administratur KPH Kuningan, Pepen Supendi beserta jajaran, Tim Percepatan Pencapaian Perhutanan Sosial (TP2PS) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Deni, Camat Hantara, Oyo Rohyadi, 10 Kepala Desa Kecamatan Hantara beserta perangkatnya, 4 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) se-Kecamatan Hantara, Babinsa, Anggota Polsek Ciniru, Sukarna, dan masyarakat Pemohon Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) sebanyak 40 Orang.

Administratur KPH Kuningan melalui Wakilnya, Pepen Supendi menyampaikan bahwa Perhutani akan membantu dan mendukung dalam mensosialisasikan tentang IPHPS maupun Pengakuan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) kepada masyarakat Desa Sekitar Hutan. “Dengan adanya sosialisasi ini saya berharap masyarakat dapat paham dan mengerti tentang hak dan kewajibannya sebagai pemohon PS tersebut, sesuai aturan yang telah di tetapkan dengan begitu masyarakat dapat memilih skema mana yang sesuai dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan yakni P 83/2016 atau P 39/2017,” ujarnya.

Sementara itu Camat Hantara, Oyo Rohyadi menuturkan bahwa di wilayah yang ada di Kecamatan Hantara khususnya untuk Desa Pakapasan Hilir, masyarakatnya antusias sekali dan berkeinginan untuk memiliki produk unggulan seperti pengembangan potensi dan memanfaatkan lahan yang sudah disediakan oleh Perhutani yang di kelola oleh LMDH, selain itu juga akan difasilitasi oleh Stakeholder terkait untuk membantu memasarkan bila hasil produk sangat baik.

“Terima Kasih sekali kepada pihak Perhutani, kami mendukung sepenuhnya program Perhutanan Sosial yang akan mensejahterakan masyarakat di sekitar Hutan,” Tandasnya. (Kom-PHT/Kng/Ddi ).

Editor : Ywn

Copyright©2021