"Loading..."

Perhutani Jalin Kerjasama Kemitraan Kehutanan Dengan LMDH Sadaukir di Tasikmalaya

TASIKMALAYA, PERHUTANI (27/03/2020) | Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya menjalin kerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sadaukir, Desa Sukapura, Kecamatan Sukaraja melalui Perjanjian Kerjasama Kemitraan (PKS) No. 02/NKK-kulin KK/Tsm/2020 atau No.01/LMDH-SDKR/SKP/Tsm/2020 tanggal 18-03-2020, bertempat di Aula Kantor KPH Tasikmalaya, Jumat (27/03).

Dalam rangka pemberdayaan masyarakat, para pihak melakukan kerjasama Kemitraan Kehutanan pemanfaatan hutan di areal kerja Perhutani berupa kegiatan usaha pemanfaatan kawasan hutan untuk tanaman agroforestry, usaha pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK), pemanfaatan lahan untuk tanaman MPTS (Multi Purpose Tree Species), Hijauan  Makanan Ternak (HMT), usaha pemanfaatan ekowisata, dan jasa lingkungan.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan dan Pengembangan Bisnis (PPB) Rodiana Rahman mewakili Administratur KPH Tasikmalaya, Kepala Desa Sukapura Dely Sadily, dan Ketua LMDH Sadaukir Anang beserta anggota.

Dalam pesannya, Administratur KPH Tasikmalaya Benny Suko Triatmoko melalui Kasi PPB Rodiana Rahman mengatakan bahwa ruang lingkup kerjasama dalam perjanjian ini adalah penanaman dan pemeliharaan tanaman kehutanan, penanaman tanaman MPTS yaitu buah-buahan, pemanfataan lahan budidaya tanaman kayu dan hasil hutan bukan kayu serta tanaman agroforestry, penanaman dan pemanfaatan HMT, ekowisata dan jasa lingkungan, rehabilitasi kawasan hutan yang bernilai konservasi tinggi, dan pengamanan sumberdaya hutan dan keanekaragaman hayati. Rodiana mengajak LMDH sebagai mitra Perhutani untuk selalu menjaga kawasan hutan sehingga lingkungan menjadi asri dan lestari.

“Modern bukanlah hanya yang berhubungan dengan teknologi dan industrialisasi, yang pada akhirnya bisa merusak lingkungan, semakin modern seseorang akan semakin bimbang terhadap arah hidupnya, yang pada akhirnya mereka kembali memperbaiki kembali ekologi dan lingkungan yang hancur akibat kerusakan yang dilakukan. Oleh karenanya LMDH menjadi tulang punggung dalam menjaga lingkungan supaya hutan tetap asri dan lestari,” ungkapnya.

Ungkapan terima kasih atas terjalinnya kerjasama ini disampaikan Ketua LMDH Sadaukir, Anang menyampaikan terima kasih kepada Perhutani Tasikmalaya yang telah memberikan ruang dan lahan di dalam kawasan hutan untuk dikerjasamakan antara masyarakat dengan Perhutani.

“Pembangunan kehutanan adalah untuk masa depan bukan untuk hari ini saja yang identik dengan segalanya. Membangun  hutan adalah tugas mulia yang telah diperintahkan juga dalam ajaran agama. Untuk itu, LMDH siap mengamankan hutan dan lahan dari gangguan untuk mencapai tujuan masyarakat adil dan makmur,” tegasnya. (Kom-PHT/Tsm/AH)

 

Editor : Ywn

Copyright©2020