"Loading..."

Perhutani Jombang Bagikan 10 Ribu Bibit Pohon Gratis

Perhutani Jombang membagikan 10 ribu bibit pohon kepada masyarakat secara cuma-cuma, Jumat (22/3/2013).

Hal itu dilakukan dalam rangka peringatan Hari Bakti Rimbawan yang ke – 30. Dengan pembagian bibit tersebut, Perhutani berharap agar masyarakat gemar menanam.

Pembagian bibit pohon yang dilakukan di sejumlah jalur strategis itu disambut antusias oleh warga. Mereka rela berdesakan guna mendapatkan bibit secara gratis tersebut.

Semisal yang terjadi di Jl Wahid Hasyim. Begitu mobil milik Perhutani yang memuat bibit tersebut berhenti, warga langsung menyerbu. Apalagi, petugas tidak membatasi jumlah bibit yang dibagikan. Ada warga yang mendapatkan satu, ada pula yang mendapat lima.

“Alhamdulillah saya mendapat tiga bibit pohon. Karena ini tanaman buah, makan akan saya tanam di pekarangan rumah,” kata Yuni, salah satu warga yang ikut berebut sembari memamerkan bibit yang ia dapat.

Pembagian bibit tersebut juga dilakukan di sejumlah perempatan. Begitu lampu menyala merah, petugas langsung membagikan bibit pohon kepada pengguna jalan. Begitu seterusnya hingga ribuan tanaman yang dibawa petugas itu habis. “Selain tanaman keras, yang kami bagikan juga bibit tanaman buah. Semisal kelengkeng, nangka, serta bibit rambutan,” kata Deni Irmansyah, adminstratur Perum Perhutani Jombang.

Deni menjelaskan, pembagian sebanyak 10 ribu bibit pohon itu sengaja digelar Hari Rimbawan ke-30. Tujuannya, menurut Deni, mengajak masyarakat untuk mencintai lingkungan serta suka menanam. “Apalagi di Jombang masih ada 120 hektar lahan Perhutani yang kondisinya kritis akibat penjarahan tahun 1998 silam,” pungkasnya. [suf/ted]

Jurnalis: Yusuf Wibisono
beritajatim.com/23 Maret 2013 12:43