"Loading..."

Perhutani Kedu Utara Bersama Tim Reaksi Cepat Grabak, Antisipasi Tanah Longsor di Sambungrejo

KEDU UTARA, PERHUTANI (23/12/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara bersama  Tim Reaksi Cepat (TRC) Kecamatan Grabak, Pemerintahan Desa Sambungrejo, Pemerintahan Desa Seloprojo mengantisipasi penanggulangan tanah lonsor di Desa Sambungrejo, petak 12k Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pagergunung, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ambarawa, Rabu (23/12).

Dalam kegiatan tersebut Perhutani Kedu Utara bersama Team Reaksi Cepat (TRC) memasang terpal pada rekahan tanah agar air hujan tidak menggembung yang dapat mengakibatkan longsor.

Komandan Regu Polisi Hutan Mobil (Danru PolHutMob) Lukias Munadi mewakili Adminstratur KPH Kedu Utara, Damanhuri  menyampaikan bahwa upaya ini dilakukan karena terpal yang terpasang pada tahun 2019 sudah rusak, sehingga harus secepatnya diganti terpal yang baru karena daerah tersebut rawan longsor.

“Disekitar rekahan tanah juga sudah di tanami rumput Vetiver untuk konservasi, sebagai salah satu upaya pencegahan terjadinya lonsor,” ujar Lukas.

Kepala Desa Sambungrejo Gunardi menyambut baik dan apresiasi kepada jajaran Perhutani KPH Kedu Utara dan TRC Grabak atas upaya dalam antisipasi penanggulangan bencana.

“Semoga dengan upaya konservasi ini tidak terjadi lagi tanah longsor yang membahayakan warga dan lingkungan. Kami bersama warga berkomitmen untuk terus menjaga dan melestarikan hutan,” kata Gunardi. (Kom-PHT/Kdu/Eko)

Editor : Ywn

Copyright©2020