"Loading..."

Perhutani Kerjasama Penyulingan Daun Kayu Putih dengan LMDH Ngudi Lestari Nganjuk

JOMBANG, PERHUTANI (25/8/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jombang  bekerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Ngudi Lestari di Desa Ngujung, Kecamatan Gondang, Nganjuk dalam bidang penyulingan daun kayu putih (DKP), Senin (24/8).

Kerjasama tersebut meliputi pendampingan praktek, penimbangan, proses penyulingan sampai menjadi minyak kayu putih (MKP).¬† Menurut Junior Manager Bisnis (JMB) Hinu Pulung mewakili Administratur KPH Jombang menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat sekitar hutan yang tergabung dalam LMDH. “Tujuannya agar dapat menambah lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar serta untuk mendukung keberhasilan pengelolaan hutan yang lestari,” katanya.

“Kerjasama penyulingan DKP dilakukan supaya memberikan rasa tenang bagi pihak yang bekerjasama, karena ada kepastian atau legalitasnya, untuk kemampuan mesin atau ketel penyulingan DKP menjadi MKP rata-rata per hari membutuhkan bahan baku (DKP) sebanyak 6 ton, tentunya cukup banyak untuk diolah menjadi MKP,” tambah Hinu.

Sedangkan Tarkam selaku Ketua LMDH Ngudi Lestari, menyampaikan terima kasih kepada Perhutani yang telah meberikan ijin, tempat, kesempatan usaha bagi lembaganya. “Terima kasih juga Perhutani telah memberikan pendampingan dan pengawalan kepada kami agar bisa lebih efisien dan efektif saat mengolah daun kayu putih agar dapat menghasilkan MKP yang berkualitas, serta bisa memberikan keuntungan yang lebih besar,” tutupnya. (Kom-PHT/Jbg/Gn)

Editor : Ywn

Copyright©2020