"Loading..."

Perhutani, Kodim 0720 Rembang, dan LMDH Sumber Rejeki Tanam Porang Bersama

MANTINGAN, PERHUTANI (05/01/2021) | Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan bersama dengan Komando Distrik Militer (Kodim) 0720 Rembang dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sumber Rejeki Jukung menanam porang di petak 13c1 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Mantingan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kebon, Selasa (05/01).

Kegiatan diawali dengan apel bersama dan dihadiri oleh Asisten Perhutani (Asper) BKPH Kebon Hari Juli Prihartanto, Komandan Rayon Militer Bulu Kapten Infanteri Budi Susanto, Kepala RPH Mantingan Wiwid, Ketua LMDH Sumber Rejeki H Zaennudin bersama masing-masing jajaran.

Administratur KPH Mantingan, Widodo Budi Santoso melalui Asper BKPH Kebon, Hari Juli Prihartanto menyampaikan bahwa untuk demplot pertama tersebut, KPH Mantingan menyediakan petak 13c1 dengan luas sekitar 17,7 hektar. Ia juga menambahkan dengan adanya demplot porang tentunya sangat bermanfaat untuk keamanan petak-petak yang telah ditanami porang.

“Petak 13c1 cocok untuk demplot Tanaman Porang. Tinggal persiapkan bibitnya saja dengan kebutuhan 1 hektar sebanyak 40 ribu plances porang. Disamping itu, tanah di sini banyak ditumbuhi iles-iles dan kelihatan subur. Petak 13c1 sudah dipenuhi tanaman tahun 2009 dan sudah tumbuh dengan rindang, sehingga sangat cocok untuk budidaya porang,” pungkasnya.

Sementara itu Komandan Kodim 0720 Rembang, Letkol Infanteri Donan Wahyu Sejati melalui Komandan Rayon Militer Bulu, Kapten Infanteri Budi Susanto mengatakan pihaknya mengapresiasi Perhutani KPH Mantingan yang telah memberikan kesempatan untuk penanaman bersama di tahap pertama.

“Tahap pertama hari ini kita akan tanam 1.000 plances dari rencana 5.000 plances Porang,” ujarnya.

Ketua LMDH Sumber Rejeki, Zaennudin mengucapkan terima kasih atas dilibatkannya mereka dalam pengelolaan kawasan hutan. LMDH yang ia ketuai juga diberikan kepercayaan untuk memasok bibit porang dalam demplot yang dikerjakan oleh Kodim 0720 Rembang bersama dengan Perhutani dan masyarakat dukuh Jambean desa Jambean kecamatan Bulu kabupaten Rembang.

“Semoga tanaman ini menjadi cikal bakal suksesnya budidaya tanaman porang di Kabupaten Rembang,“ harap Zaennudin. (Kom-PHT/Mnt/Sgt)

Editor : Ywn
Copyright©2021