"Loading..."

Perhutani, Kopassus dan LMDH Tinjau Tanaman Hasil Kerja Sama di Pemalang

PEMALANG, PERHUTANI (26/01/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pemalang, Primer Koperasi (Primkop) Tribuana II Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Grup II Kandang Menjangan Solo dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Gemi Lestari meninjau tanaman hasil kerjasama seluas 62,1 Ha di petak 1b Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Karangmalang, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kedungjati, Jumat (22/01). 

Hadir dalam kegiatan Kepala BKPH Kedungjati Arif Budhi S, Kepala BKPH Jatinegara Agus Heru Yudianan, Komandan Grup II Kopassus Grup II Kandang Menjangan Solo Kolonel Inf. Andriyanto, pengurus LMDH Gemi Lestari Desa Munasik, masing-masing beserta jajarannya.

Administratur KPH Pemalang melalui Kepala BKPH Kedungjati, Arif Budhi S. menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang telah ditandatangani pada 21 Agustus 2020 antara Perhutani, Primkop Tribuana II Kopassus Kandang Menjangan Solo dan LMDH Gemi Lestari. Program kerja sama tanaman dengan tanaman pokok berupa Sengon dan tanaman pengisi dari jenis buah-buahan (mangga, pete, nangka) sudah  ditanam sejak tanggal 25 November sampai 22 Desember 2020.

“Saat ini tanaman berumur kira-kira 2 bulan dengan ketinggian rata-rata 50 cm. Diharapkan dengan pemeliharaan tanaman yang baik kedepan menghasilkan produksi yang maksimal sehingga dapat memberi manfaat bagi investor, Perhutani serta masyarakat sekitar hutan,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Grup II Kopassus Kandang Menjangan Solo, Kolonel Inf. Adriyanto menyampaikan terima kasih karena telah berkesempatan untuk bersinergi dengan Perhutani KPH Pemalang dan LMDH Gemi Lestari dalam pengelolaan sumber daya hutan dan penghijauan kembali kawasan hutan.

“Mudah-mudahan tanaman ini terus tumbuh dengan subur, sehat, dan dapat menghasilkan kayu Sengon serta buah-buahan yang berkualitas.” harapnya. (Kom-PHT/Pml/Eko)

Editor : Ywn
Copyright©2021