"Loading..."

Perhutani Kucurkan Dana PKBL Sebesar Rp 175 Juta di Ngawi

NGAWI, PERHUTANI (29/9/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ngawi menyerahkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) tahun 2020 senilai 175 juta kepada mitra binaannya secara simbolis di Kantor KPH Ngawi, Senin (28/9).

Dana PKBL tersebut sebesar Rp 150 juta untuk digulirkan sebagai modal pinjaman dari Program Kemitraan dan sisanya Rp 25 juta merupakan bantuan hibah untuk pembangunan Masjid dan pembuatan sumur. Penyerahan dana tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Departemen Keuangan Divisi Regional Jawa Timur Sarwono yang didampingi Administratur KPH Ngawi Haris Suseno kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mulyo Jati, LMDH Sumber Makmur, Toko Sumber Rejeki dan LMDH Hutan Makmur sebagai penerima dana Program Kemitraan. Sedangkan penerima dana Bina Lingkungan adalah LMDH Sekar Makmur dan LMDH Hutan Rejeki yang dipergunakan untuk pembangunan masjid serta pembuatan sumur air bersih.

Dalam sambutannya Sarwono menyampaikan bahwa maksud dan tujuan Program Kemitraan adalah menumbuhkembangkan usaha kecil secara mandiri sehingga dapat memberikan manfaat, memperlancar serta meningkatkan usaha yang dijalankan meskipun disaat kondisi pandemi.

“Dana pinjaman ini pengembaliannya sesuai tata waktu, karena nantinya dana tersebut akan diputar lagi untuk diberikan kepada mitra lainnya. Sedangkan untuk penerima dana Bina Lingkungan, karena dana tersebut untuk kemaslahatan umum jadi tidak perlu mengembalikan. Tapi pergunakan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peruntukannya,” tutur Sarwono.

Di tempat yang sama Administratur Perhutani KPH Ngawi Haris Suseno menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan upaya Perhutani untuk meningkatkan sinergitas dan kepedulian terhadap mitra binaan dalam pengelolaan hutan di KPH Ngawi. Ia juga mengingatkan kepada mitra binaan penerima dana Program Kemitraan tentang hak dan kewajibannya.

Sementara itu Narto selaku Ketua LMDH Mulyo Jati mewakili penerima dana Program Kemitraan menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Perhutani kepada masyarakat desa hutan dalam upaya mengembangkan usaha yang dijalaninya. “Kami sudah dua periode ini menerima bantuan dari Perhutani. Alhamdulillah kami mendapatkan manfaat yang luar biasa. Semoga Perhutani semakin sukses dan jaya,” kata Narto. (Kom-PHT/Ngw/Rth)

Editor : Ywn

Copyright©2020