"Loading..."

Perhutani Lawu Ds Bersama Tim BPBD Ponorogo Cepat Atasi Pohon Tumbang

LAWU DS, PERHUTANI (22/2/2021) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo merespon cepat kejadian pohon yang tumbang di petak 64b wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Wilis Barat Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Ngebel Kabupaten Ponorogo, Jumat (19/02).

Setyo Budiono, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo yang hadir di lokasi kejadian mengatakan, “Sejak kamis sore kawasan wisata ngebel diguyur hujan dan disertai angin sampai malam ada tiga titik pohon tumbang,” katanya. “Tim dari BPBD dibantu dengan Petugas Perhutani KPH Lawu Ds serta relawan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Pletes Watudakon, Ngebel wilayah 21 Ponorogo langsung menyisir lokasi agar steril guna dilakukan pemotongan pohon yang roboh,” ujarnya.

Administratur KPH Lawu Ds Suratno saat dihubungi di tempat terpisah menyampaikan jika pihaknya membenarkan kejadian tersebut dan telah menugaskan jajarannya untuk membantu bersama petugas lainnya dari BPBD Ponorogo, Anggota Rapi Ponorogo serta jajaran Polsek Ngebel.  “Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berperan, dan kami berharap koordinasi seperti ini dengan BPBD dan instansi terkait dalam penanganan bencana dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat bila menemukan pohon yang sudah lapuk segera lapor kepada petugas Perhutani yang berada di kawasan hutan terdekat,  untuk menghindari hal yang tidak diinginkan kami menghimbau bilamana terjadi hujan lebat disertai angin harap hindari berteduh di bawah pohon,” imbuh Suratno. (Kom-PHT/Lwuds/Eko)

Editor : Ywn

Copyright©2021