"Loading..."

Perhutani Lestarikan Warisan Budaya Jalawastu di Hutan Lindung Banjarharjo Brebes

BALAPULANG, PERHUTANI (11/3/2020)  | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Balapulang  melestarikan situs Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Jawastalu dengan tradisi upacara Adat Ngasa pada Selasa (10/3).

Hadir pada acara tersebut  Bupati Brebes Idza Priyanti, Balai Pelestari Budaya Yogyakarta, Dinas Pendidikan & Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Forkopimda Kabupaten Brebes, Administratur KPH Balapulang A. Fadjar Agung Susetyo dan masyarakat  Dukuh Jalawastu.

Dalam sambutannya A. Fadjar Agung Susetyo menyampaikan Perhutani akan terus mendukung pelestarian budaya adat masyarakat setempat dalam rangka misi pelestarian hutan sebagai kearifan lokal.

Bupati Brebes Idza Priyanti mengapresiasi kepedulian Perhutani yang selama ini membantu masyarakat Dukuh Jalawastu Desa Ciseureuh dengan berbagai program antara lain Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), Sharing Produksi Kayu dan Pemanfaatan Lahan Dibawah Tegakan (PLDT) juga program lainnya.

Idza mengajak seluruh masyarakat baik yang ada di kampung budaya adat Jalawastu maupun masyarakat umumnya untuk melestarikan  lingkungan  dan budaya  serta bergaya  hidup bersih dan sehat.

WBTB dengan kategori situs adat tersebut berlokasi di sekitar Hutan Lindung petak 81, 82 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Ciseureuh dan petak 83, 84, 85 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pamedaran Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Banjarharjo Timur, yang berada di wilayah administratif  Dukuh Jalawastu Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes.(Kom-PHT/Blp/Was).

Editor : Ywn

Copyright©2020