"Loading..."

Perhutani, LMDH dan LSM Amphibi Kerjasama Konservasi Air di Nganjuk

JOMBANG, PERHUTANI (6/11/2020) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jombang melakukan pertemuan dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Amphibi membahas rencana konservasi sumber mata air di kawasan hutan, bertempat di Kantor Perhutani KPH Jombang, Jumat (6/11).

Administratur Perhutani KPH Jombang Rumhayati dalam keteranganya ia sangat mendukung upaya yang dilakukan pihak lain terkait dengan kelestarian hutan di wilayah kerjanya. “Untuk kegiatan konservasi air dari kawasan hutan diperlukan adanya kesepahaman dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat yakni LMDH Mitra Lestari, karena pengelolaan kawasan hutan tersebut berada dalam wengkon LMDH mereka,” ujarnya.

“Untuk itu perlu dikerjasamakan dengan LMDH setempat agar kegiatan konservasi air juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat untuk keperluan sehari atau dapat dijadikan untuk usaha wisata,” imbuh Rumhayati.

Dalam pertemuan dengan LSM Amphibi tersebut dibahas nota kesepahaman yang akan dilaksanakan bersama LMDH Mitra Lestari Desa Tempuran. Rumhayati menambahkan, lokasi yang akan dikonservasi terletak di petak 5, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ngujung Barat, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Losari yang secara administratif terletak di Desa Tempuran, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk.

Sementara itu Ketua LSM Amphibi DPP Kabupaten Nganjuk, Herman mengucapkan terima kasih kepada Perhutani atas kerjasamanya yang telah memberi ruang bagi semua pihak untuk turut serta berpartisipasi dalam proses kelestarian hutan. Ia berjanji akan menanam pohon aren di lokasi tersebut, “Harapannya kedepan dapat memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat sekitar untuk diambil air niranya sebagai gula dan lain sebagainya,” ucapnya. (Kom-PHT/Jbg/GN)

Editor : Ywn

Copyright©2020